Polisi Benarkan Salim Rosyid Gabung ISIS

Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id – Kepolisian membenarkan Salim Rosyid (28 tahun), warga Dusun Kedon, Bantul, memang bergabung dengan Daulat Islamiyah (IS) atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Rosyid diketahui Polres Bantul berangkat ke Suriah melalui informasi dari Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88) pada tahun 2014.

Enam Simpatisan ISIS Dituntut 5-8 Tahun Penjara

 

"Iya benar (gabung ISIS). Saya mendapatkan informasi dari Densus 88 dengan bukti adanya paspor atas nama warga Bambalipuro telah masuk ke negara Suriah," kata AKBP Surawan yang kini menjabat sebagai Wakapolres Metro Jakarta Selatan ketika dihubungi, Selasa, 26 Januari 2016.

Sebelumnya, sepupu Rosyid, Gunarti dan ketua RT kediaman Rosyid di Dusun Kedon, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta, mengatakan Rosyid dikabarkan bergabung dengan ISIS. Santer kabar bahwa yang bersangkutan sudah meninggal di luar negeri. Setahun terakhir, Rosyid tidak memberi kabar lagi kepada keluarganya.

"Saya sudah tidak menjabat lagi sebagai Kapolres Bantul, jadi saya tidak intens memantaunya. Tapi memang benar ada warga Bantul yang ke Suriah dan diduga bergabung dengan ISIS," kata AKBP Surawan.

Selain Rosyid, ada warga Bantul lainnya yang diidentifikasi berangkat ke Suriah. Sementara itu, istri Rosyid, Ulfa Sholihah sudah mengajukan surat pindah kepada pemerintah Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul karena berencana kembali ke kampung halamannya.

Kabag Pemerintahan Desa Sumbermulyo, Astriyono mengatakan surat permintaan pindah penduduk yang diajukan Ulfa masuk pada tanggal 5 Januari 2016 yang lalu. Ulfa saat meminta surat pindah penduduk didampingi oleh calon suaminya yang baru.

"Apakah ini menguatkan kalau Rosyid meninggal di luar negeri atau tidak saya kurang tahu. Namun permintaan pindah penduduk tersebut jelas si Ulfa untuk menikah lagi. Logikanya kalau mau menikah dan tidak cerai dengan suaminya maka bisa saja suaminya yang pertama telah meninggal," kata Astriyono.

Dalam data kependudukan, kata Astri, Salim Rosyid lahir pada tanggal 12 November 1988. Sedangkan istrinya  Ulfa Sholihah lahir pada tanggal 05 Juni 1992. Pasangan tersebut memiliki dua orang anak.

"Anak pertama lahir di Bantul sedangkan anak kedua lahir di Sukoharjo tempat asal istri Rosyid," tambahnya. (ase)

 
 

ISIS Ancam Culik Warga Rusia di Turki
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Selidiki Lima Masjid di Jakarta Sebarkan Doktrin ISIS

Lima masjid di Jakarta diduga ISIS merekrut anggota baru

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2016