Kodam Jaya Gelar Apel Kesiapan Pengamanan KTT OKI

Pengamanan KTT OKI 2016
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA.co.id - Kodam Jaya menggelar apel pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) di Markas Kodam Jaya, Jakarta, Kamis, 25 Februari 2016.

RI-Turki Tingkatkan Hubungan Ekonomi dan Kontra Terorisme

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Staf Kodam Jaya, Brigadir Jenderal TNI Ibnu Triwidodo yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) pada saat perhelatan OKI nanti.

Ibnu mengatakan, apel ini merupakan bagian dari perencanaan Koopspam (komando operasi pengamanan) KTT yang dijabat oleh Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana. Apel pengamanan ini diikuti sebanyak 3.600 personel gabungan.

"Jadi saya berada di bawahnya Pangkoops Pam yang dijabat oleh Pangdam Jaya, dan apel ini merupakan kesiapan yang nanti akan kita laporkan, akan dicek lagi ke tingkat koops, tanggal 1 (Maret). Sehingga kita mendahului sebelum dicek kita sudah persiapan dulu," kata Ibnu usai apel di Makodam Jaya, Cawang, Jakarta Timur.

Menurut Ibnu, Satgas Pamwil yang dia pimpin bertugas mengamankan tiga titik, yakni titik pertama, pengamanan venue atau tempat acara berlangsung. "Kami nanti akan berada di ring 2 dan 3, karena ring satunya itu adalah dari Satgas Pam VVIP Paspampres," ujar Ibnu.

Kedua, mengamankan tempat penginapan dan akomodasi peserta OKI. Ibnu mengaku panitia telah menyiapkan 17 hotel yang berada di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan bagi delegasi OKI.

Kemudian titik pengamanan ketiga lanjut Ibnu, adalah mengamankan rute pergerakan tamu negara dari satu titik ke titik kegiatan mulai dari kedatangan dari Bandara Soekarno- Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma menuju ke tempat penginapan.

"Kemudian juga mengamankan dari tempat penginapan menuju ke tempat acara JCC atau dari tempat penginapan menuju ke tempat-tempat yang lain," ujarnya

Sementara untuk persenjataan dan alat pertahanan lainnya, Ibnu mengaku seluruhnya dalam kondisi baik dan siap digunakan. Meski begitu, Ibnu tak merinci senjata apa saja yang mereka terjunkan.

"Intinya, secara keseluruhan sudah bagus dan sudah siap, hanya kita tinggal merapikan sedikit dikit aja tadi yang penguasaan-penguasaan tugas tadi dan kita perlu latihkan ulang latihkan ulang kembali sampai hari H, Jam J setiap waktu kita latihan."

Seruan Boikot Produk Israel, Ini Tanggapan DPR

(mus)

Bendera Israel dan Palestina.

Tentara Israel Terang-terangan Bakar Bendera Palestina

Insiden itu terjadi di hadapan ratusan warga Palestina di Tepi Barat.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2016