Gerhana Matahari Total

Gerhana di Palembang Tertutup Asap Pabrik Pupuk Bikin Berang

Gerhana matahari di Palembang tertutup asap pabrik PT Pusri
Sumber :
  • Aji YK Putra

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dodi Reza Alex Noerdin, berang lantaran fenomena gerhana Matahari yang disaksikan ribuan masyarakat Palembang di Jembatan Ampera tidak dapat dilihat secara penuh lantaran tertutup asap dari pabrik pupuk, Rabu 9 Maret 2016.

Dodi mengutarakan, sebelum acara GMT berlangsung, dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan ada awan tebal yang menutupi. Namun, cuaca saat pagi ini dalam kondisi cerah.

Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?

suasana gerhana matahari total di Palembang

"Kami akan pertanyakan, kenapa masih melanjutkan produksi (pabrik pupuk). Padahal sebelumnya sudah dirapatkan oleh Pemkot Palembang, sebelum acara ini diselenggarakan. Ini pasti jadi pertanyaan masyarakat," kata Dodi di Palembang.

Selain itu, Dodi akan meminta keterangan secara langsung dari penanggung jawab produksi pabrik pupuk di Palembang itu. Padahal mereka telah diberi surat pemberitahuan, tetapi tetap mengindahkan peringatan untuk berhenti beroperasi sementara saat gerhana berlangsung.

Langka, Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia Laris Manis

Gerhana matahari di Palembang tertutup asap pabrik PT Pusri

"Keterangan BMKG memang ada awan. Tapi, kami tidak tahu apakah asap ini mempengaruhi atau justru memperparah. Kami melihat dulu jawaban dan klarifikasi dari mereka. Kalau memang terjadi seperti ini, kami sangat menyanyangkan, dan memang kami perlukan keterangan dari mereka," katanya.

Donny Alamsyah dan akting

Gerhana Matahari, Ini Tanggapan Donny Alamsyah

"Gua sih biasa aja ah."

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016