Ancol Ajak Pelajar dan LIPI Amati Perilaku Satwa di ODS

Ocean Dream Samudera Ancol Taman Impian
Sumber :

VIVA.co.id – Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi tahun ini dibeberapa wilayah di Indonesia pada Rabu 9 Maret 2016. Di Palu, Balikpapan, Bangka Belitung, dan area lain di 11 provinsi Nusantara akan dapat menyaksikan gerhana matahari total. Di Jakarta sendiri, masyarakat juga dapat menyaksikan fenomena tersebut meskipun ketertutupan mataharinya hanya mencapai 88,74 persen.

LIPI Beberkan Hasil Pengamatan Satwa Saat Gerhana Matahari

Mengambil momen istimewa tersebut, Ancol Taman Impian sebagai salah satu kawasan wisata edutainment terbesar di Indonesia menggelar kegiatanpengamatan efek GMT terhadap satwa yang berada di Ocean Dream Samudra. Dalam kegiatan ini Ancol Taman Impian mengajak pelajar Sekolah Rakyat Ancol dan Komunitas Teens Go Green serta media untuk bersama-sama mengamati perubahan prilaku hewan tersebut dengan menggandeng Kelompok Penelitian Biodiversitas dan Konservasi Sumberdaya Laut Pusat Penelitian Oseanografi LIPI.

Kegiatan pengamatan ini akan dilakukan terhadap dua satwa yaitu lumba-lumba dan kupu-kupu. Ketika mengamati lumba-lumba, para pelajar diajak untuk mengamati pergerakan lumba-lumba, aktivitas bernapas, sosialisasi dengan kawanan bergerombol atau sendiri, serta interaksi-interaksi lainnya yang mungkin muncul. Sedangkan pada pengamatan kupu-kupu, para pelajar diajak untuk melihat bagaimana perubahan aktivitas kupu-kupu, karena biasanya kupu-kupu tidak aktif dalam keadaan gelap. Mereka juga diajak untuk mengamati bagaimana kupu-kupu mencari nektar dari bunga saat GMT dan kemunculan hewan lain seperti ngengat yang beraktivitas pada malam hari. Keberadaan LIPI sebagai narasumber yanga akan memberikan penjelasan ilmiah mengenai fenomena-fenomena yang terjadi saat GMT.

Ancol Sambut Imlek dengan Sejuta Kemeriahan

“Gerhana Matahari Total adalah peristiwa bersejarah yang sarat ilmu. Peristiwa langka ini kami manfaatkan untuk memberikan pengetahuan mengenai gerhana matahari total kepada para pelajar Sekolah Rakyat Ancol dengan mengajak mereka ke Ocean Dream Samudra untuk mengamati pengaruh gerhana matahari total terhadap hewan-hewan yang ada di sana, khususnya lumba-lumba dan kupu-kupu. Sebagai penguatan informasi, maka kami juga mengundang LIPI sehingga para pelajar mendapatkan penjelasan yang ilmiah langsung dari ahlinya.”, ujar Agus Sudarno, Wakil Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol, di Jakarta, Rabu 9 Maret 2016.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan para pelajar dan komunitas serta insan media, bahwa dengan terjadinya fenomena alam GMT tidak hanya aktivitas pengamatan pergerakan matahari saja yang dilakukan tetapi ada sisi lain yang menarik seperti perubahan prilaku hewan yang dapat diamati dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, ujar Agus.

Jokowi Khawatir Perang di Gaza Palestina Makin Dongkrak Harga Minyak Dunia

Untuk informasi lebih lanjut: Ancol Customer Care 021-29222222, Facebook www.facebook.com/ancoltmnimpian, Twitter @ancoltmnimpian, Instagram @ancoltamanimpian, LINE @dufanancol, Website www.ancol.com.  Ancol Luar Biasa. (Web)

HUT ke-41 Pasar Seni Ancol, Ancol Gelar

HUT ke-41 Pasar Seni Ancol, Ancol Gelar Art-presiasi

Diramaikan ratusan seniman kreatif & ragam aktifitas seni interaktif.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2016