Luhut Apresiasi Bantuan Swasta Cegah Kebakaran Hutan

Ilustrasi kebakaran hutan.
Ilustrasi kebakaran hutan.
Sumber :
  • ANTARA/Nova Wahyudi

VIVA.co.id – Pemerintah optimistis kondisi di Indonesia tahun ini akan jauh lebih aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ketimbang tahun lalu. Hal itu terjadi karena adanya upaya optimal pemerintah untuk mencegah berulangnya peristiwa tahun lalu.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Luhut Pandjaitan, mengatakan, karhutla berdampak pada semua segi kehidupan masyarakat di Indonesia, sehingga perlu diantisipasi agar tidak berulang kembali. 

Pemerintah telah menempuh berbagai upaya untuk mencegah karhutla. Presiden Joko Widodo bahkan menginstruksikan agar TNI dan kepolisian siap siaga terhadap ancaman itu.

"Terjadinya kebakaran masih sulit dikendalikan, tetapi kondisi saat ini akan lebih baik dari tahun lalu," kata Luhut di Jakarta, Sabtu, 12 Maret 2016.

Luhut menjelaskan, saat ini berbagai pihak telah berpastisipasi mencegah karhutla. Salah satunya adalah Fire Free Alliance (FFA) yang diinisiasi APRIL Group, Asian Agri, IDH, Musim Mas, PM Haze, Rumah Pohon, dan Wilmar.

"FFA ini ada untuk membantu memastikan pencegahan Karhutla," ujar Luhut.

Luhut mengungkapkan, FFA merupakan wadah yang secara sukarela membantu memberikan solusi, terhadap pencegahan Karhutla di Indonesia.