Kapal RI Disandera Abu Sayyaf, Kemlu Didesak Turun Tangan

Pembajak Kapal Diamankan
Sumber :
  • ANTARA/Fiqman Sunandar

VIVA.co.id – Kabar mengenai sebuah kapal Tugboat Brahma 12 yang disandera kelompok milisi Islam di Filipina, Abu Sayyaf, langsung ditanggapi Anggota DPRD Sulawesi Utara, asal Daerah Pemilihan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sitaro dan Talaud, Marvel Dick Makagansa. 

Ternyata TNI Ikut Terlibat Selamatkan 4 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Tanggapan ini dilontarkan menanggapi permintaan pelaut Sangihe, Sulawesi Utara, yang mendesak pemerintah Indonesia bertindak menindaklanjuti informasi hilangnya kapal Tugboat Brahma 12. 

Marvel, legislator dari PDIP ini, mendesak Kementerian Luar Negeri RI segera bertindak menyelesaikan masalah. Dia menyebutkan di kapal itu tak hanya warga berdarah Sangihe, tapi mereka merupakan warga negara Indonesia yang perlu mendapatkan perlindungan.

Anggota DPR Respons Penyelamatan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

“Hasil konsultasi dengan teman-teman di Fraksi PDIP yang ada di Komisi I DPRD Sulut yang membidangi masalah hukum dan HAM, maka kasus ini akan menjadi prioritas untuk diselesaikan. Dan kami mendesak Kementerian Luar Negeri dan instansi terkait untuk sesegera mungkin bertindak menyelesaikan masalah ini,” ujar putra Bupati Sangihe, HR Makagansa ini, Senin, 28 Maret 2016.

Dia juga berharap semua kru, termasuk Kapten Peter Tonsen Barahama dalam kondisi sehat.  “Kita berdoa semoga semua kru kapal dan kapten dalam kondisi sehat,” katanya.

Seorang WNI yang Diculik Abu Sayyaf Belum Diketahui Nasibnya

Sebelumnya,. Kapal ini dilaporkan disandera Kelompok Abu Sayyaf pada Sabtu 26 Maret 2016. 

Ilustrasi - Karyawan memeriksa kondisi suhu envirotainer berisi bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat tiba di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 20 Juni 2021.

Kaleidoskop 2021: Lonjakan COVID-19, KRI Nanggala hingga Herry Cabul

Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus COVID-19, tenggelamnya KRI Nanggala-402 hingga terkuaknya kasus asusila.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021