Din Syamsudin: Kematian Siyono Bisa Memicu Teroris Baru

Din Syamsuddin
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, meminta masyarakat memahami langkah yang diambil PP Muhammadiyah untuk mendampingi keluarga terduga teroris, Siyono. 

Tahanan Terduga Teroris Meninggal di RS Polri, Ini Penyebabnya

Menurutnya, langkah itu merupakan sesuatu yang wajar dan harus diambil, karena keluarga Siyono meminta pendampingan kepada Muhammadiyah untuk melaporkan kematian Siyono ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

“Makanya, saya meminta kepada masyarakat agar menghormati apa yang sedang terjadi. Terlebih hasilnya juga sudah diketahui,” kata Din saat meresmikan Fakultas Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Jawa Timur, Kamis, 14 April 2016.

Kematian Siyono Akan Dilaporkan ke Dewan HAM PBB

Din menegaskan, sejak awal Muhammadiyah selalu mengecam terorisme. Sebab, hal itu bertentangan dengan nilai-nilai agama. Namun, perang melawan terorisme menurutnya tidak bisa dilakukan dengan cara kekerasan. Sebab, hal itu justru menyuburkan radikalisme yang menjadi bibit terorisme.

Din mengungkapkan, dalam memerangi terorisme, masyarakat dan aparat tidak selayaknya menggunakan cara-cara teroris.

DPR Usulkan Dibentuknya Dewan Pengawas Densus 88

“Misalnya kita menghilangkan nyawa seorang terduga teroris tanpa proses hukum, maka hal itu akan membuat marah setidaknya 20 orang yang berada di sekitarnya, lalu akan muncul pelaku teror lainnya,” kata Din.

Sebelumnya diketahui Siyono tewas setelah ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Menurut hasil visum Polri, dia tewas setelah terkena benda tumpul di kepalanya akibat melakukan perlawanan.

Namun, tim forensik independen dari PP Muhammadiyah mengungkapkan temuan berbeda. Hasil autopsi mereka menyimpulkan Siyono tewas karena tulang rusuknya patah dan menusuk ke jantung. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya