Tito Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan Kamis 23 Juni

Komisaris Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat mengagendakan jadwal uji kepatutan dan kelayakan bagi calon Kapolri Komisaris Jenderal Tito Karnavian akan digelar pada Kamis 23 Juni 2016.

DPR Bakal Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan

"Saya perkirakan fit and proper test jam empat sore sudah tuntus. Malamnya jam 20.00 WIB, kita akan ambil keputusan atas hasil uji kelayakan," kata Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, Senin 20 Juni 2016.

Sebab itu, sebelum digelar uji kepatutan dan kelayakan, akan digelar tahapan awal yang sudah dimulai sejak Senin, yakni dengan memasang pengumuman di media cetak untuk meminta informasi dari masyarakat.

Seleksi Bakal Caleg PKB melalui 'Fit and Proper Test' Dipuji

"Selasa siangnya, besok, akan diundang PPATK, KPK, dan Kompolnas untuk mendapatkan masukan dari tiga lembaga atas rekam jejak Tito Karnavian," kata Bambang.

Baru kemudian pada Rabu, sekira pukul 13.00 WIB, Komisi III DPR mengagendakan kunjungan ke kediaman Tito hingga buka puasa. Dan kemudian berlanjut dengan jadwal uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Visi Jenderal Andika Perkasa: TNI Adalah Kita

Baru kemudian, Selasa minggu depan, hasil atau keputusan sudah bisa dibawa ke paripurna sebagai paripurna terakhir jelang libur panjang lebaran. Ia meyakini atas seluruh proses tersebut tidak ada hambatan bagi Tito.

"Semua fraksi sepakat mendukung fit and propher test dilakukan sebelum hari raya. Karena kita sadari Pasal 11 UU Kepolisian kita harus menjawab surat presiden 20 hari. Kalau kita undur sampai habis lebaran harus kirim surat lagi. Seluruh fraksi ingin uji kelayakan sebelum lebaran," kata Bambang.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid

Meutya Hafid: Persyaratan Administrasi Calon Panglima TNI Sudah Lengkap

Verifikasi fisik berkas administrasi calon Panglima TNI sedang diperiksa pimpinan Komisi I DPR.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2023