Video Profil Lima Calon Pimpinan KPK yang Diuji Kepatutan oleh DPR

Calon pimpinan KPK Nawawi Pomolango menjalani uji kepatutan dan kelayakan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Komisi III DPR melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 10 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Rabu, 11 September 2019. Seleksi capim KPK ini berlangsung selama dua hari.

Candaan Adies Kadir Usai Voting Capim KPK: Silahkan Laporan ke Bohir

Berdasarkan jadwal yang telah disusun Komisi III, ada lima kandidat yang diuji pada hari ini, antara lain Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara. Sehari setelahnya giliran Alexander Marwata, Johanis Tanak, Lutfhi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya.

Kesepuluh kandidat itu sebelumnya mengikuti uji pembuatan makalah dengan alokasi 1 jam 30 menit. Terdapat 14 topik yang disiapkan untuk menjadi bahan pembuatan makalah tersebut.

Capim KPK Ini Mau Koruptor Bayar Denda Berlipat, Tak Perlu Dipenjara

Pembuatan makalah merupakan agenda kedua dari keseluruhan agenda rapat terkait capim KPK periode 2019-2023 dengan Komisi III. DPR menggelar fit and proper test 10 capim KPK dari pansel untuk kemudian dipilih 5 orang menjadi pimpinan KPK 2019-2023.

Simak video berikut ini untuk mengetahui profil singkat kelima kandidat petinggi KPK yang diuji kelayakan dan kepatutan hari ini:

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh
>
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024