'Ini Bukan Berita Bohong, Suami Kami Ditahan Abu Sayyaf'

Ilustrasi/Kelompok Bersenjata Abu Sayyaf di Filipina Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/news.siteintelgroup.com

VIVA.co.id – Siti Khadijah, ibu tiga anak ini tersentak saat sedang tertidur lelap. Jam menunjukkan pukul 01.30 dinihari ketika sebuah dering telepon masuk ke telepon selulernya.

Ogah Bayar 8 Miliar Tebus Sandera 5 WNI, Tentara Mau Gempur Abu Sayyaf

Di tengah kantuk, Khadijah rupanya menerima telepon dari suaminya Rudi Kurniawan. Pria ini sudah sejak 4 Juni 2016, memang berlayar ke Filipina menggunakan kapal Tugboat Charles 00.

Saat itu, kata Khadijah, sang suami menyampaikan kabar mengejutkan. "Tujuh kawan kami ditahan Abu Sayyaf, kata suami saya," tutur Khadijah saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 23 Juni 2016.

5 WNI Disandera Abu Sayyaf, Minta Ditebus 8 Miliar

Sehari lalu, kabar ini memang sempat didapat Khadijah dari Mega, istri dari Ismail, yang juga berada di kapal yang sama yang digunakan Rudi Kurniawan.

Namun, kabar syok tersebut cepat-cepat dibantah perusahaan dan kepolisian. Mereka menyebutnya itu pembohongan, karena dilakukan oleh sindikat penipu.

Penculikan Abu Sayyaf Berulang, Malaysia Tingkatkan Keamanan

Baca Juga:

Malam itu, Khadijah dibuat tercekat. Sebab dari penyampaian suaminya yang telah bekerja 10 tahun di kapal Tugboat Charles 00, justru hal itu benar. Rudi, sang suami memastikan bila ada tujuh rekannya kini ditahan kelompok bersenjata Abu Sayyaf.

"Suami saya menyebut, kejadiannya Selasa di perairan Filipina. Tujuh orang ini dibawa dengan dua perahu dan dikawal orang bersenjata," kata Khadijah.

"Saya percaya ini bukan berita bohong. Ini betul-betul benar, bukan kebohongan, sudah ada saksi yang pulang dari enam orang itu," kata Khadijah.

Khadijah mengaku jika tidak ada halangan, suaminya dan lima lainnya akan tiba di Tanjung Mangkaliat Samarinda Kalimantan Timur pada Jumat 24 Juni 2016. Pihak perusahaan juga sudah dihubungi oleh suaminya dan sudah diminta untuk segera kembali ke perusahaan.

"Perusahaan sudah dihubungi. Mereka disuruh cepat-cepat sampai ke Samarinda untuk menjelaskan situasi dan kondisinya. Lapor ke polisi juga sudah," kata Khadijah.

Kini, kabar baru yang didapat dari Rudi Kurniawan tersebut kembali membuat gelisah. Pada Kamis, 23 Juni 2016, tiga keluarga berkumpul di rumah Chief Roben, yang juga disebutkan ditahan Abu Sayyaf.

Secara detail, Khadijah mengaku memang tak mengingat persis nama masing-masing ABK yang ditahan, ia hanya mengingat nama, Ismail, Sofian, Roben, Batua, Kapten Feri, Kaka dan En.

"Sementara yang pulang, Rudi suami saya, Edgard, Albert, Sahril, dua lagi saya belum tahu namanya. Kami mohon informasi ini segera ditindaklanjuti," kata Khadijah.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya