Umat Hindu Medan Protes Kuil Dijadikan Rumah Mewah

Ilustrasi/Sadhu, orang suci umat Hindu
Sumber :
  • AP Photo/ Rajesh Kumar Singh

VIVA.co.id – Ratusan warga umat Hindu di Kecamatan Medan Maimun, Sumatera Utara, memprotes aktivitas penggusuran rumah ibadah mereka, Kuil Jaya Singgamma. Penggusuran dilakukan oleh pengembang perumahan mewah di daerah tersebut, Senin 27 Juni 2016.

Sembelih Hewan Pakai Obat Bius Ancam Kebebasan Beragama

Menurut warga, kuil itu telah dibangun sejak tahun 1960 dan telah terdaftar di Kementerian Agama sejak 1984. Sebab itu, warga menolak keras kuil mereka dirobohkan.

"Kuil ini sudah ada sejak 1960-an dan masih digunakan untuk beribadah. Kami menolak keras developer yang mau merobohkan bangunan ini," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Sumatera Utara Narawansi.

Empat Tahun Memimpin, Jokowi Belum Selesaikan Masalah Intoleransi

Saat ini, kuil Jaya Singgama memang telah dipasangi plang oleh pihak pengembang. Beberapa pekerja juga sudah memasang tembok mengelilingi rumah ibadah tersebut.

Umat Hindu setempat sudah melaporkan kasus itu ke Pengadilan Negeri Medan dan kepolisian setempat. Namun demikian, hingga kini kasus itu belum ditindaklanjuti dan menemukan titik terang.

Muncul Ide Larangan Sunat untuk Anak Laki-laki

"Kami akan datangkan massa lebih banyak dan menghadang penggusuran ini kalau tetap dilanjutkan," kata Narawansi.

Martinus Sitorus/Sumatera Utara

Ilustrasi Keanekaragaman Kepercayaan pada Tuhan (sumber: pixabay.com)

6 Agama yang Diakui di Indonesia, Populasi Agama Islam Mencapai 87,2%

Agama yang diakui di Indonesia ada enam, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu serta negara menjamin kebebasan

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2021