Kemenag Siapkan 191 Titik Penentu 1 Syawal 1437 Hijriah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Kementerian Agama merencanakan akan menggelar sidang isbat penentuan awal 1 Syawal 1437 Hijriah atau Idul Fitri pada Senin, 4 Juli 2016 di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, sebanyak 191 titik pantau penentuan awal 1 Syawal 1437 Hijriah di seluruh Indonesia telah disiapkan oleh sejumlah petugas yang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama.

Tarekat Naqsabandiyah Sumut Lebaran Kamis, Besok Takbiran

"Jadi ini bukan orang sembarangan, orang yang sudah biasa, memiliki kualifikasi kriteria tertentu untuk melakukan pekerjaan yang spesial ini dan mereka disumpah kesaksiannya apakah mereka melihat atau tidak melihat hilal itu. Tentu dengan penuh tanggung jawab," kata Lukman Hakim Saifuddin di Ruang VVIP, Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 Juli 2016.

Menurutnya, Kementerian Agama akan menentukan 1 Syawal 1437 Hijriah dengan menggunakan dua metode yaitu hisab dan ru'yat.

Menteri Agama Sebut Idul Fitri pada 2 Mei Ditentukan secara Mufakat

"Hisab sebagai cara untuk melihat keberadaan posisi hilal, sedangkan ru'yat untuk konfirmasi memastikan perhitungan-perhitungan seperti itu," katanya.

Tentunya, dalam sidang isbat penentuan awal Lebaran Idul Fitri akan digelar secara tertutup, dan setelah ada keputusan maka akan dilakukan konferensi pers kepada publik.

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1443 H pada 2 Mei
Pemantauan Hilal

Kerajaan Arab Saudi dan Beberapa Negara Timur Tengah Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April

Menyusul penampakan bulan sabit, Departemen Bulan Sabit di Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi mengumumkan bahwa Idul Fitri akan jatuh pada Jumat, 01 Syawal 1444 Hijriah.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2023