ASDP Bakauheni Siapkan Kapal Khusus Pemudik Bermotor

Aktivitas di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
Sumber :

VIVA.co.id – Otoritas Pelabuhan Penyeberangan dan ASDP Bakauheni-Merak akan mengoperasikan lima unit kapal Roro yang akan mengangkut para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Kapal ini mampu mengangkut 1500-3000 kendaraan roda dua dalam sekali perjalanan.

Wakapolri: Puncak Balik Lebaran Terbagi Tiga Gelombang

Harno Triadi, Kepala Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni-Merak, mengatakan upaya penambahan lima unit kapal Roro bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor yang diperkirakan akan memulai perjalanan hari ini, Minggu, 10 Juli 2016. Penambahan ini dilakukan, agar para pemudik yang kelelahan selama perjalanan dari kampung halaman menuju Pelabuhan Bakauheni dapat beristirahat selama di atas kapal.

"Ini untuk kenyamanan para pemudik yang menggunakan sepeda motor yang diperkirakan hari ini melakukan perjalanan, agar mereka bisa beristirahat selama di kapal karena kelelahan saat perjalanan menuju pelabuhan Bakauheni," ujar Harno, Minggu 10 Juli 2016.
 
Harno menambahkan, kapal ini akan disiagakan di Dermaga 2 dan Dermaga 3, untuk mengangkut pengendara roda dua yang mengantre di kantung parkir setelah membeli tiket di enam loket penjualan tiket. Selain menyiapkan kapal, pihak ASDP juga menyiapkan jalur khusus bagi pemdik, agar tertib sebelum memasuki kapal sehingga tidak terjadi kesemrawutan di areal parkir pelabuhan.

Puncak Arus Balik Bandara Soetta Diperkirakan Malam Ini

Data dari ASDP jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor mengalami kenaikan 1,6 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk tahun ini 13.159 unit kendaraan, dan di tahun lalu sebanyak 12.976 unit kendaraan sepeda motor. ASDP juga telah melakukan pengaturan soal ketepatan jadwal berangkat dan bongkar muat dan lama perjalanan kapal. ASDP telah mengoperasikan 27 hingga 29 kapal Roro untuk mengangkut seluruh pemudik dari pulau Sumatera ke pulau Jawa.

(ren)

Puncak Arus Balik di Selat Sunda Diprediksi Rabu Malam
Pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen

Kemenhub Prediksi 23 Juni Puncak Arus Balik Angkutan Umum

Pemudik masih menunggu hingga akhir libur anak sekolah selesai.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2018