600 Pegawai Pemerintah Kota Bandar Lampung Bolos Serentak

Pegawai negeri sipil (PNS) saat bersiap ikut upacara beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Feri Purnama

VIVA.co.id – Sebanyak 600 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 12 ribu ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung tak masuk kerja alias bolos di hari pertama setelah libur panjang Idul Fitri 1437 Hijriah.

PNS DKI yang Bolos Siap-siap Kena Sanksi Potong TKD

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN mengatakan, pada hari pertama masuk kerja setelah Lebaran, ada 600 pegawai Pemkot Bandar Lampung yang tak masuk kerja.

"Setelah sidak ke seluruh dinas dan terdapat ada sekitar 5 persen dari 12 ribu pegawai yang tak masuk kerja, di antaranya mereka berhalangan karena sakit," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin, 11 Juli 2016.

Siap-Siap, Iwan Bule Beri 'Kejutan' ASN‎ yang Bolos Kerja

Mengenai ketidakhadiran pegawai yang sakit, dia sangat memaklumi, sehingga tak ada sanksi. Menurutnya, semua instansi yang didatangi untuk inspeksi mendadak (sidak) hampir semuanya ada pegawai yang tak masuk kerja hari ini.

Herman menuturkan, selain karena sakit, kebanyakan ASN yang berhalangan hadir di hari pertama  karena cuti melahirkan. Mereka yang cuti melahirkan, mayoritas sudah tidak masuk sejak sebelum Lebaran.

DKI Bakal Potong Tunjangan PNS Bolos di 'Harpitnas'

Sementara itu, untuk pegawai yang sakit diminta untuk menyertakan surat keterangan sakit dari dokter kepada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.

"Ke depannya, kami akan mencoba untuk lebih meningkatkan kesadaran bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bandar Lampung ini. Salah satunya dengan melengkapi peralatan retina display di kantor kecamatan dan kelurahan," katanya.

Platform aduanasn.id

Hati-hati ASN Jangan Nakal, Nanti Dilaporin

Platform pengaduan untuk ASN nakal.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2019