Gempa Malang Tak Picu Tsunami, Aman Terkendali

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • http://www.technologyindonesia.com

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 4,9 skala richter yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak berpotensi Tsunami. Gempa bumi dipicu aktivitas subduksi lempeng, pusat gempa berada di laut, 166 km tenggara kabupaten Malang dengan kedalaman 10 km.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang, Iriantoro memastikan tidak ada laporan korban jiwa maupun kerugian materil akibat gempa ini.

"Wilayah Kabupaten Malang sampai saat ini aman terkendali dan belum ada laporan kerusakan. Tidak ada korban jiwa sampai jam 23.00 WIB. Tidak ada laporan soal kerusakan," kata Iriantoro, Minggu, 29 Januari 2017.

Satu Orang Terluka Akibat Gempa Filipina, Tembok-tembok Runtuh

Pihaknya mengimbau warga untuk tetap tenang dan mempercayai informasi akurat dari petugas. Hingga saat ini petugas BPBD di lapangan masih terus mencari informasi soal kerusakan maupun korban jiwa.

"Para petugas BPBD terus monitor dengan sarana yang ada baik langsung atau tidak seperti melalui potensi masyarakat. Kami imbau warga tetap tenang," ujar Iriantoro.

Kemensos Realisasikan Santunan untuk Korban Jiwa Gempa di Sulbar

Gempa bumi yang terjadi berkekuatan 4,9 Skala Richter dengan pusat gempa pada koordinat 9.73 LS dan 112.87 BT. Gempa terjasi akibat aktivitas subduksi antara lempeng Indo Australia yang menunjam lempeng Eurasia dan tidak berpotensi tsunami.

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023