Pilkada Serentak 2017

Kantor KPU Intan Jaya dirusak massa

Ilustrasi/Pilkada serentak tahun 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA.co.id – Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Intan Jaya dirusak massa pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mengikuti Pilkada, Kamis 23 Februari. Pengrusakan terjadi saat digelar pleno penetapan perolehan suara hasil Pilkada.

Keluarga Korban KM Sinar Bangun Bisa Coblos di TPS Tigaras

Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, pengrusakan dimulai dari keributan antar 2 kelompok pendukung paslon Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya di halaman kantor KPU.

"Lalu ada massa yang melempari kantor KPU, namun aparat langsung bertindak dan bisa meredam,"ujarnya, Jumat 24 Februari 2017.

Mendagri Tjahjo Tegaskan Isu Sara Racun Demokrasi

Menurut dia,  sekitar 500 orang dari salah satu kelompok menerobos ke dalam kantor KPU dengan cara melompati pagar tembok.

"Selanjutnya massa juga melempari kantor KPU menggunakan batu dan kayu yang menyebabkan rusaknya kantor KPU," ujarnya menjelaskan.

Cagub Sumut Demokrat JR Saragih-Ance Selian Mendaftar ke KPU

Massa menuntut pleno segera dilaksanakan, padahal penginputan data PPD belum selesai. "Massa minta perhitungan suara  segera dilaksanakan, sementara masih ada data belum masuk," kata Kamal.

Dua distrik yang datanya masih dalam penginputan adalah Distrik Wandai dan Distrik Agisiga. Meski sempat terjadi aksi pelemparan kantor KPU, namun situasi hingga Jumat ini masih bisa dikendalikan.

"Kami tetap kawal proses pleno dan situasi masih terkendali hingga saat ini." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya