Bangunan Jatim Park 3 Roboh, Empat Pekerja Kritis

Ilustrasi roboh.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Diduga akibat kelalaian dan getaran sebuah mesin penumbuk pemadat tanah, bangunan di kawasan Dino Park, Jawa Timur Park 3, Kota Batu, Malang, Jawa Timur (Jatim) ambrol. Tujuh orang tertimpa plengsengan yang ambrol berikut rangka bangunan, empat di antaranya kritis.

Takziah ke Rumah Calon Mertua, Seorang Wanita Tewas Tertimpa Bangunan

Saksi mata, Mulyadi mengatakan, bahwa peristiwa tersebut berawal ketika para pekerja melakukan pemasangan plengsengan batako setinggi 15 Meter. Namun ternyata, di tempat tersebut juga ada puluhan orang yang sedang bekerja di atasnya untuk memadatkan tanah yang diperuntukkan bagi wahana taman boneka.

"Tapi plengsengan tersebut tak kuat menahan getaran dari ekskavator pemadatan tanah. Sampai akhirnya plengsengan ambrol dan menyeret rangka bangunan dari besi," kata Mulyadi di lokasi, Rabu 5 April 2017.

Tembok Puskesmas di Garut Jebol, Rangka Bangunan Bikin Geleng Kepala

Mulyadi yang juga teman salah seorang korban berujar, pada waktu kejadian, semua korban tertimbun longsoran plengsengan yang ambrol sehingga empat dari tujuh korban kini dalam keadaan kritis.

"Empat kritis itu patah tulang karena tertimpa longsoran," ujar dia.

Detik-detik Gedung SMAN 96 Roboh, Warga: Berasa Gempa, Rumah Bergetar

Sementara itu, pengawas proyek, Simon Purwo Ali mengatakan, bahwa tujuh korban tersebut, tiga di antaranya sudah dibawa pulang. Sedangkan empat korban lainnya yang kritis masih dalam perawatan tim medis rumah sakit setempat.

"Sudah dipulangin tiga orang. Sisanya masih dirawat di rumah sakit," kata dia.

Nama-nama korban kecelakaan antara lain Samsu dan Jumar asal Rembang, Jawa Tengah, Wartono, Witono, Taufik, Krisnandi dan Roy Saputro asal Ngantang, Malang.

Laporan: Edy Cahyono/tvOne Malang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya