Kronologi Hilangnya Pesawat SAS di Papua

Pencarian pesawat yang hilang kontak di Papua.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membenarkan adanya informasi pesawat C208 Grand Caravan jenis kargo yang dioperasikan maskapai Spirit Avia Santosa telah hilang kontak, Rabu 12 April 2017.

Ini Identitas 4 Orang Penumpang Pesawat SAM Air yang Hilang di Papua

Pesawat dengan nomor registrasi PK-FSO tersebut hilang kontak saat melakukan penerbangan di Tanah Merah (WKAT) menuju Oksibil (WAJO), Papua. Proses pencarian saat ini sedang dilakukan oleh tim Badan SAR dan beberapa maskapai lainnya.

Adapun kronologi hilangnya pesawat tersebut adalah sebagai berikut :

Basarnas Pastikan Sriwijaya Air SJ182 Jatuh
  1. Pada pukul 12.40 WIT, personel ATC WAJQ (Oksibil) mendapatkan info dari fight following SAS di Jakarta, yang menyampaikan bahwa PK-FSO memancarkan sinyal darurat pada flight tracker di koordinat 04 48" 47.7" S 140 39' 31.7" E.
  2. Upaya pencarian informasi posisi pesawat PK-FSO dikoordinasikan antara personel ATC di WAJO dan personel ATC di WKAT (Tanah Merah), namun tidak mendapatkan hasil.
  3. Pada pukul 13.20 WIT, pesawat SAS jenis DHC-6 yang berangkat dari WAJO menuju ke Sentani, sempat melakukan pencarian di area koordinat tersebut pada ketinggian 8.500 kaki, namun tidak dapat melihat ke bawah karena kondisi tertutup awan.
  4. Pada pukul 13.33 WIT, personel ATC di WAJO (Sentani) meminta bantuan pesawat Trigana TGN255 yang dalam penerbangan rute Sentani - Oksibil, untuk mencari di area koordinat yang dilaporkan Namun, tetap tidak menemukan hasil.
  5. Pesawat AMA jenis PAC750 PK-RCE berangkat dari Oksibil pada pukul 13.43 WIT, melakukan pencarian di area koordinat yang dilaporkan. Pesawat yang dipiloti Kapten Brian tersebut mendapat sinyal darurat dari pesawat PK-FSO pada pukul 12.28 WIT.

"Kami sedang melakukan proses pencarian. Saya perintahkan kepada setiap personel penerbangan di sekitar daerah tersebut untuk membantu pencarian dan memberikan segala informasi yang diperlukan," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso. (one)

Basarnas Banten Ikut Cari Pesawat Sriwijaya Air
Ilustrasi pesawat perintis

Pesawat Perintis Kargo Smart Air Rute Tarakan-Binuang Hilang Kontak

Pesawat perintis tersebut dilaporkan lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat pada pukul 08.25 Wita.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024