Sekda Jawa Barat Daftar Calon Gubernur Melalui PDIP

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa.
Sumber :
  • Facebook.com/sekdaiwakarniwa

VIVA.co.id - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, membenarkan kabar bahwa dia berniat mendaftar sebagai calon gubernur dalam pilkada provinsi itu pada 2018.

Dakwah di Kandang Banteng hingga Facebook Abu Janda

Iwa mengakui sedang dalam perjalanan dari Bandung ke Jakarta untuk mendaftar mengikuti seleksi calon gubernur di kantor pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Insya Allah, ini saya sedang dalam perjalanan ke Jakarta untuk mendaftar penjaringan cagub Jabar di DPP PDIP," ujar Iwa saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon pada Jumat, 7 Juli 2017.

Jokowi Minta Kader PDIP Bergerak Jadikan Indonesia Adil Makmur

Dia berterus terang, sebenarnya mulai termotivasi mendaftar ketika PDIP mengumumkan membuka seleksi calon gubernur. Namun, saat itu dia masih memfokuskan tugas pemerintahan, terutama persiapan arus mudik dan balik Lebaran.

Iwa berangkat bersama rombongan pengantar dari Masjid Raya Alun-alun Bandung seusai salat tahajud dan subuh berjamaah. Dia telah pamit kepada Gubernur Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar.

Kader PDI Perjuangan Merahkan Kemayoran

"Alhamdulillah diberi kesempatan oleh DPP (PDIP) untuk mendaftar langsung ke Jakarta. Saya mohon doa. Bismillah," katanya.

Tahapan Pilkada Jawa Barat 2018 dimulai pada Agustus 2017 dengan agenda menyiapkan regulasi teknis, sosialisasi, menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pada September 2017, KPU bertugas membentuk Badan Penyelenggara Pemilu hingga tingkat kelurahan. Pada Oktober 2017, berlanjut pada pemutakhiran data Pilkada. Pada Desember 2017, penyerahan daftar dukungan.

Sementara itu, pada Januari 2018, dimulai pendaftaran pasangan calon. Pada Februari 2018, penetapan pasangan calon. Selanjutnya Maret hingga Juni 2018, di antaranya, penetapan pasangan calon, kampanye dan pengadaan logistik. Pada 27 Juni 2018, pemungutan suara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya