Ratusan WNI Dideportasi Turki, Menhan: Tidak Usah Balik

Ilustrasi/WNI yang baru tiba dari luar negeri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Otoritas Turki kembali akan mendeportasi ratusan warga negara Indonesia yang tertangkap karena hendak ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok teror di Suriah atau ISIS.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Dikabarkan ada 125 orang yang akan dideportasi. Pengembalian ini pun tak disambut ramah Indonesia. Bahkan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meminta kepada ratusan WNI tersebut tak perlu kembali lagi ke Indonesia.

"Enggak usah balik lagi. Di sana saja dari pada ngerepotin," ujar Ryamizard usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin, 17 Juli 2017.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Ryamizard juga mengklaim bahwa isu soal ada WNI yang mengaku tertipu dengan propaganda ISIS di Suriah adalah informasi palsu. Menurutnya hal itu tak lebih sebagai alasan klasik.

Sejauh ini, kata Ryamizard, Indonesia bersama Singapura, Malaysia dan Filipina telah berkomitmen dan berkoordinasi untuk penanganan berkembangnya ISIS di negara masing-masing.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Hanya saja memang Indonesia tak sampai menetapkan status siaga satu untuk penanganan itu. Namun memang bagi WNI yang tetap nekat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS, Ryamizard mengingatkan agar tak perlu kembali ke Indonesia.

"Sudah tidak usah kembali, mereka berjuang di sana. Berjuang sampai mati kan begitu," ujar Ryamizard.

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024