Endorse Artis, Trik First Travel Gaet Korban Penipuan Umrah

Konferensi Pers Kasus First Travel di Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id / Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Tim Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri membenarkan adanya sejumlah artis yang jasanya dipakai PT First Anugerah Wisata atau First Travel untuk mempromosikan umrah promo.

Pengacara Sebut Ada Aset Bos First Travel yang Raib

Direktur Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri Brigadir Jenderal Herry Rudolf Nahak mengatakan, Fisrt Travel memang endorse atau sengaja memberangkatkan sejumlah artis untuk umrah ke tanah suci Mekah. Hal ini merupakan strategi First Travel untuk menggaet calon jemaah umrah lebih banyak lagi.

"Jadi memang ada beberapa artis yang diberangkatkan oleh First Travel. Itu juga merupakan bagian dari promo sebetulnya," kata Herry di Bareskrim Polri pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Agustus 2017.

First Travel Salahkan Negara karena Gagal Tunaikan Tuntutan Jemaah

Meski diyakini perusahaan itu sebagai trik promosi, polisi melihatnya dengan perspektif lain. "Bagi kami adalah salah satu bagian modus penipuannya," ujarnya.

Strategi 'tipu-tipu' First Travel memberangkatkan sejumlah artis, merupakan bagian untuk menggugah para calon jemaah agar lebih banyak ikut umrah promo di First Travel.

Pengacara Bos First Travel Sebut Hakim Keliru soal Putusan Aset

"Jadi promo dilakukan dengan memberangkatkan artis. Kemudian ditayangkan di media bahwa First Travel bisa sebegitu hebatnya berangkatkan artis. Itu kira-kira bagian dari promosinya. sehingga dia bisa menarik jemaah sebanyak-banyaknya. Tujuannya kembali ke itu. Sehingga dia bisa menarik uang lebih banyak lagi," ujarnya.

Seperti diketahui, sejumlah artis disebut-sebut pernah mempromosikan Firts Travel dan di endorse oleh First Travel. Diantaranya, artis kondang almarhumah Julia Perez atau Jupe. Selain itu juga artis dan pelantun lagu jangan memilih aku, Syahrini dan Ria Irawan. Mereka disebut-sebut diberangkatkan umrah oleh First Travel.

Kuasa hukum sejumlah korban penipuan First Travel, Pitra Romadoni Nasution.

Datangi Kejari Depok, Korban First Travel Minta Aset Segera Dikembalikan

Kejari Depok melakukan inventarisasi seluruh barang bukti termasuk juga mencari pihak yang kini bertanggung jawab atas PT First Travel.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2023