Kapolri Lantik Pengganti Irjen Anton Charliyan

Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto dilantik menjadi Kapolda Jabar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA.co.id – Mabes Polri menggelar upacara serah terima jabatan dan pelantikan sejumlah kapolda baru. Upacara pelantikan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 5 September 2017.

Polri akan Blak-blakan soal Mutasi Kombes Margiyanta

Pergantian tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2032/VIII/2017 Tanggal 25 Agustus 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Untuk jabatan Kapolda Jabar kini dipegang Irjen Agung Budi Maryoto, menggantikan kapolda sebelumnya, Irjen Anton Charliyan. Sementara, Anton akan menjabat sebagai Wakil Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Lemdikpol).

Bermasalah, Kombes Margiyanta dan AKBP Eko Dimutasi

Kemudian Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Zulkarnain resmi dilantik menggantikan posisi Irjen Agung Budi Maryoto.

Irjen Zulkarnain yang tak lagi menjabat sebagai Kapolda Riau kemudian posisinya digantikan Brigjen Nandang yang sebelumnya memegang Kapolda Sulawesi Barat. Nandang sendiri kini digantikan Brigjen Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri.

Mabes Polri Rombak Kapolres di Jabodetabek, Ini Daftarnya

Kapolri melantik pengganti Anton Charliyan

Kapolri lantik sejumlah kapolda baru di Mabes Polri. Foto: VIVA.co.id/Reza Fajri

Kemudian untuk Kapolda Lampung yang baru kini resmi dijabat Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri. Kapolda Lampung sebelumnya, Irjen Sudjarno, kini menjabat dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Saat melantik, Tito memimpin pembacaan sumpah serah terima jabatan yang diikuti para pejabat Polri tadi.

"Bahwa saya selaku pejabat kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila UUD RI tahun 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab," kata Tito membacakan sumpah.

Selain acara Sertijab itu, juga dilakukan penyematan Korps Rapor Kenaikan Pangkat Pati Polri, yang diterima 11 Pati Polri. Mereka dinaikkan satu tingkat dari pangkat sebelumnya.

Ke-11 perwira tinggi Polri itu adalah Irjen Abdul Gofur, Irjen Arifin, Irjen Martuani Sormin, Irjen Basarudin, dan Irjen Puji Sarwono, Brigjen Eky Hari Fesfyanto, Brigjen Napoleon Bonaparte, Brigjen Asep Syahrudin, Brigjen Ermayudi Sumarno, Brigjen Andean Sonar Sittinjak, dan Brigjen Krisna Murti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya