Pengungsi Sinabung Disediakan Lahan Pertanian

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik dan awan panas terlihat dari Desa Tiga Serangkai, Karo, Sumatera Utara, Selasa (1/11/2016).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin

VIVA.co.id – Pemerintah mengalokasikan sebagian dari 416 hektare lahan yang ditempati pengungsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

Lokasinya terletak di kawasan hutan produksi di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan, Pemerintah Pusat saat ini sedang mengurus izinnya.

"Insya Allah akan kami selesaikan, sehingga tempat relokasi itu bisa jadi tempat budi daya pertanian, tidak hanya menjadi tempat hunian. Insya Allah ke depannya tak mengganggu lingkungan hidup yang ada," ujar Puan di Jakarta Pusat, Kamis 28 September 2017.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

Menurut dia, tindakan relokasi terhadap warga yang terdampak letusan Sinabung sejak 2010 itu saat ini telah mencapai tahap akhir. Dikutip dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ada tiga tahap relokasi yang dilakukan, masing-masing untuk 370 keluarga, 1.903 keluarga serta 1.050 keluarga.

Puan menyampaikan, pelaksanaan tahap akhir sendiri mencakup sejumlah hal, seperti penyiapan hunian, pembangunan sarana-sarana pendukung hingga penyediaan lahan pertanian.

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan

"Tahap pertama dan kedua sudah selesai. Tinggal tahap ketiga," ujar Puan. (mus)

Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021