Al-Khaththath: Peserta Reuni 212 Jutaan, Itung Aja Sendiri

Reuni Akbar 212 di Monas pada 2 Desember 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Reuni Akbar 212 masih jadi perbincangan hangat di masyarakat. Salah satu topiknya mengenai penyebutan “reuni,” yang seolah-olah peserta yang mengikuti jalannya acara telah menempuh pendidikan di sekolah.

Panitia Klaim Tak Ada Orasi Politik di Reuni 212: Fokus Munajat dan Salawat

Ini yang dibahas dalam program talkshow Indonesia Lawyers Club (ILC), “212: Perlukah Reuni” yang disiarkan malam ini di tvOne. Mengenai hal itu, Sekretaris Panitia Reuni Akbar 212, Muhammad Al-Khaththath, angkat bicara. Menurut dia, mereka yang bereuni memang masih 'sekolah'.

"Ada yang mengatakan, ‘Kok reuni, memang sekolah?’ Alam ini memang sekolah, belajar tidak hanya di sekolahan. Ada pepatah mengatakan, 'Ibu itu sekolah pertama.’ Jadikan sekolah untuk menujukkan kesatuan dan persatuan umat untuk bangsa Indonesia," ujar Al-Khaththath di ILC, Selasa, 5 Desember 2017.

Panitia Reuni 212 Tak Undang Anies Baswedan, Habib Rizieq Masih Pikir-pikir

Perdebatan lain mengenai jumlah peserta. Mereka yang setuju menyebutnya sampai 7 juta, sementara yang lain menyebut peserta hanya ratusan ribu. Al-Khaththath pun memberi jawaban soal ini.

"Yang pasti Monas penuh, jumlahnya jutaan orang. Kalau enggak percaya, hitung sendiri," katanya.

Dikritik PBNU soal Politik Identitas, PA 212: NU Kemana-mana Bawa Gus Dur

Al-Khaththath kembali menjelaskan, acara reuni akbar 212 telah lama terpikir. Bahkan saat dia pergi ke Tanah Suci dan berbincang dengan Habib Riziq Syihab. Acara tersebut juga diadakan guna memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

"Bedanya reuni kemarin dengan 212 dahulu. Dulu Jumat terbesar, kemarin (sholat) subuh (jamaah) terbesar, saya tidak  mengatakan sedunia, paling tidak di Indonesia," ujarnya. (ren)

Habib Rizieq Shihab saat tiba di Petamburan, Jakarta.

Habib Rizieq Sempat Khawatir Hadir ke Reuni 212: Takut Ditangkap Lagi

Habib Rizieq Shihab mengaku sempat khawatir pembebasan bersyarat yang ia tengah jalani saat ini dicabut jika datang ke Reuni 212 di Masjid At Tin, TMII Jakarta Timur.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2022