Lawan HTI, Pemerintah Klaim Didukung Seluruh Ormas Islam

Aksi tolak pembubaran HTI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Pemerintah mengklaim didukung oleh seluruh organisasi kemasyarakatan Islam dalam upaya melawan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang menggugat keputusan pencabutan status badan hukum mereka di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Guru Besar UMJ Ingatkan Gerakan Pro-Khilafah Masih Eksis di RI dengan Modus Baru

Anggota Tim Kuasa Hukum Pemerintah, Achmad Budi Prayoga, menyampaikan bahwa hal itu membuat pemerintah optimistis dapat mengalahkan gugatan HTI.

"Pemerintah menghadapi ini kan tidak sendirian. Seluruh ormas Islam sangat mendukung langkah pemerintah ini. Publik juga mendukung," ujar Achmad usai pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Kementerian Koordinator Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2017.

Menag Yaqut Buka Suara Soal HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII

Menurut Achmad, kemenangan pemerintah atas gugatan HTI selanjutnya akan membuat keputusan pembubaran yang dikeluarkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Ormas, menjadi semakin kuat. Achmad menegaskan bahwa upaya perlawanan pemerintah terhadap gugatan HTI ini dilakukan dalam koridor melindungi rakyat dari ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Pemerintah di sini justru perlu memberikan kepastian hukum terhadap publik, melindungi segenap warga negara Indonesia. Ini merupakan kewajiban negara yang diemban oleh pemerintah sesuai amanat konstitusi," ujar Achmad.

HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII, Polisi Akan Periksa Panitia Penyelenggara Acara
Suasana sidang Isbat penentuan awal Ramadan di Kementerian Agama/Ilustrasi.

Tentukan Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H malam ini Selasa 9 April 2024 bertepatan 29 Ramadan 1445 H

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024