Elek Yo Band, Nama Grup Musik Tujuh Menteri Jokowi

Elek Yo Band, Grup Musik yang anggotanya para menteri-menteri Jokowi
Sumber :

VIVA – Selama 10 tahun memimpin Indonesia sebagai Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono telah menelurkan 40 lagu ke dalam 5 album. Seakan tidak mau kalah, era Presiden Joko Widodo juga 'merambah' dunia musik.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Tapi bukan menciptakan lagu. Melainkan, membuat grub band bernama Elek Yo Band. Band yang diisi para menteri ini tampil perdana saat pernikahan putri Mensesneg Pratikno di Yogyakarta, pada Sabtu, 30 Desember 2017.

Para menteri yang menggawangi Elek Yo Band adalah Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menhub Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menaker Hanif Dakhiri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pada era Presiden SBY, lagu-lagu-nya kerap dinyanyikan saat peringatan HUT RI di Istana Merdeka. Termasuk, dalam acara-acara formal, yang dinyanyikan oleh artis papan atas. Namun berbeda dengan Elek Yo Band ini. Teten menceritakan, mereka tidak akan menciptakan lagu selayaknya apa yang telah dilakukan SBY dengan 40 lagu ciptaannya tersebut.

"Kita enggak bikin lagu, kita menikmati lagu aja. Ya kita cover aja lah, kan kita menikmati karya-karya musisi nasional yang bagus," kata Teten menjawab pertanyaan di Istana Bogor, Kamis 4 Januari 2018.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Lahirnya Elek Yo Band ini, termasuk dadakan dan sengaja tidak dipublikasikan terlebih dahulu. Ia menceritakan, mereka sampai harus latihan malam-malam, di daerah Senayan. Bahkan, keluarga pun tidak tahu.

Elek Yo Band, tidak akan tampil selayaknya band profesional. Hanya saat ada pernikahan anak menteri saja, seperti saat Mensesneg menikahkan anaknya.

"Nanti kalau ada anggota menteri yang menikahkan putrinya lagi lah tampil kalau diminta. Tapi kalau ada budget buat nyewa band profesional ya. Kalau band indi kami target nya kawinan aja lah. Kawinan dulu," katanya.

Dalam bermain band di Elek Yo Band ini, menurutnya, Jokowi juga sebenarnya ingin ikut. Ada dua posisi yang disiapkan, yakni bass atau drummer. Namun belum sempat.

"Memang awalnya Pak Jokowi mau main drum tapi enggak sempet latihan. Saya kira beliau waktu kita manggung di Yogya itu sudah gatel kaki beliau nendang-nendang drum," katanya.

Keberadaan Elek Yo Band yang diisi para menteri ini, sangat diapresiasi oleh Jokowi. Secara khusus, mantan Gubernur DKI itu sempat memberikan pernyataan dukungannya atas kehadiran band ini yang menurutnya menandai kekompakan para menterinya.

"Saya juga mengapresiasi kemarin ada apa, Elek Yo Band. Jelek ya Biar, saya kira itu juga menunjukkan kekompakan kita semua dalam bekerja, terima kasih," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya