PAN: Luhut Bukan Malaikat, Bagaimana Tahu Dosa Amien Rais?

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Taufik Kurniawan.
Sumber :

VIVA – Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang mengaku akan membongkar dosa-dosa Amien Rais karena mengkritik program bagi-bagi sertifikat Presiden Joko Widodo menuai reaksi dari Partai Amanat Nasional. PAN mengingatkan Luhut juga manusia biasa.

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

"Kan kita sesama manusia biasa, bagaimana sesama manusia buka dosa orang? Kita kan bukan malaikat Munkar Nakir," kata Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 Maret 2018.

"Apalagi Pak Luhut juga kan enggak salat, Pak Amien kan salat. Pak Luhut kan ke gereja, kita hormati. Bagaimana Pak Luhut bisa mengecek dosanya Pak Amien yang orang Muslim," ucapnya.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

Taufik mengatakan, Amien harus dilihat sebagai tokoh bangsa, bukan hanya pendiri PAN. Karena itu, kata dia, kritikan Amien perlu dianggap sebagai cambuk untuk para pemimpin.

Amien Rais

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

Amien Rais

"Pak Amien kan sudah jadi tokoh bangsa, milik masyarakat, jadi anggaplah kritikan itu sebagai cambuk bahwa pemerintah siapa pun, tidak hanya Pak Jokowi saja. Beliau sudah sejak zaman Gus Dur, Bu Mega, Pak SBY, Pak Jokowi," ujar Taufik.

Wakil Ketua DPR ini menilai kritikan Amien soal pembagian sertifikat itu relevan. Taufik sendiri mempertanyakan apakah program Jokowi itu memungkinkan jika melihat saat ini sudah memasuki tahun politik.

"Bulan Oktober kan sudah kampanye, apa itu memang memungkinkan? Itu pun disampaikan di forum seminar, forum ilmiah. Jadi menurut saya enggak usah terlalu ‘baper’, enggak usah kemudian saling mengancam," kata Taufik.

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan

Sebelumnya, Luhut 'murka' dengan mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Amien Rais. Salah satunya yang menyebut Joko Widodo mengibul soal program bagi-bagi sertifikat.

"Jadi buat saya very sensitive matter kalau orang mengatakan pemerintahan ini menjual kita ke negara asing. Saya tahulah, saya enggak bodoh. Saya tahu angka dan saya lihat itu," kata Luhut di Gedung BPK Jakarta, Senin, 19 Maret 2018.

Ia meminta lebih baik Amien diam dan tak usah banyak bicara. Menurutnya, saat ini sebaiknya melihat ke depan. Namun, bila Amien tetap terus melontarkan pernyataan, maka Luhut siap membuka dosa tokoh Reformasi tersebut.

"Dosamu banyak juga kok. Sudahlah diam saja lah. Yang lalu, lalu, kita lihat ke depan. Tetapi, jangan main-main, kita juga bisa cari dosamu kok. Memang kau siapa," ujarnya.

Baca juga:

Murkanya Luhut ke Amien Rais: Jangan Bilang Kita Pro PKI

PAN Balas Ancaman Luhut Pandjaitan soal Amien Rais

Gerindra: SBY Bukan Negarawan yang Baik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya