Debat Kedua Pilgub Jawa Tengah Digelar di Solo Baru

Dua paslon Pilgub Jateng saat pawai pilkada damai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA - Debat Pemilihan Gubernur Jawa Tengah kedua akan digelar di Hotel Best Western Premier Solo Baru, Sukoharjo, Kamis, 3 Mei 2018. Debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah itu mengambil tema pelayanan publik dan perekonomian.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Komisioner KPU Jawa Tengah Bidang Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Diana Arianti mengatakan, debat kedua tersebut akan disiarkan secara langsung oleh dua stasiun televisi nasional. Debat kali ini tidak dilakukan di Semarang, namun di Solo Baru, Sukoharjo.

"Dua televisi yang menjadi official partner dan menyiarkan langsung debat kedua besok adalah tvOne dan Metrotv. Lokasi debat di Ruby Convention lantai II Hotel Best Western Solo Premier Baru," kata dia kepada wartawan di Hotel Best Western Solo Baru Premier, Rabu, 2 Mei 2018.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

Selanjutnya, Diana mengungkapkan, debat yang akan diikuti dua pasangan calon Gubernur Jawa Tengah itu akan dimulai pada pudul 19.30 hingga 21.30 WIB. Dalam debat tersebut akan terdiri dari 6 segmen.

"Segmen pertama, pemaparan dan penajaman visi misi. Setelah itu dilanjutkan dengan tanya jawab panelis. Kemudian ada tanya tanggap pertanyaan dari masyarakat. Terus ada tanya jawab antarcagub dan cawagub. Segmen terakhir, closing statement," ujarnya.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Debat tersebut akan dipandu oleh dua pembawa acara masing-masing dari tvOne dan Metrotv. "Aviani Malik dari Metrotv dan Aryo Widiardi dari tvOne," ujarnya.

Sementara itu terkait panelis, menurut dia, dipilih melalui rapat pleno yang sudah dilakukan. Para Panelis itu dipilih sesuai dengan tema yang pada debat kedua, yakni pelayanan publik dan perekonomian.

"Panelis dipilih yang expert dalam soal pelayanan publik dan perekonomian. Para panelis ini menandatangani pakta integritas, profesionalitas. Soal materi yang akan disampaikan menjadi kerahasiaannya," katanya.

Debat kedua tersebut akan dihadiri tamu sebanyak 450 orang. Dari jumlah itu masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur diberi jatah kursi sebanyak 100 orang. Sedangkan tamu lainnya berasal dari SKPD Provinsi Jawa Tengah, pejabat dari 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah serta para KPU daerah.

"Untuk masing-masing pendukung dari dua pasangan calon gubernur duduknya akan dipisahkan oleh kursi tamu undangan di bagian tengah. Ini dilakukan supaya situasi dan kondisi tertib saat debat berlangsung." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya