Tak Diundang Koalisi, PAN: Kami Rajin Puasa Senin Kamis

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) dan Sekjen Eddy Suparno (kiri).
Sumber :
  • Antara Foto/ Hafidz Mubarak A.

VIVA – Koalisi partai politik pendukung Joko Widodo menggelar pertemuan di kantor Sekretariat Kabinet, Senin siang, 7 Mei 2018. Pertemuan ini diikuti sekretaris jenderal setiap parpol, kecuali PAN.

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sekjen PAN Eddy Suparno membenarkan partainya tidak diundang dalam pertemuan yang juga dihadiri Sekretaris Kabinet Pramono Anung tersebut.

"Pertemuan apaan, kami enggak tahu beneran. Enggak diundang. Kalaupun tahu karena diundang, gue pasti ada di foto ketemuan itu," ujar Eddy saat dihubungi VIVA, Senin, 7 Mei 2018.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

Menurut Eddy, belum diketahui alasan mengapa PAN tidak diundang dalam pertemuan tersebut. Eddy pun enggan berspekulasi kemungkinan PAN tak diundang karena kerap berseberangan dengan sikap koalisi pemerintah. 

Termasuk kemungkinan dampak sikap kritis Ketua Majelis Kehormatan PAN, Amien Rais, yang disampaikan terhadap pemerintahan Jokowi.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Kalau itu saya enggak mau berasumsi ya. PAN enggak diundang, karena mungkin kami rajin puasa Senin-Kamis. Bisa saja itu kan, sekarang kan hari Senin,” ujar Eddy.

Terkait hal ini, Eddy menegaskan posisi PAN saat ini tetap berada di barisan pendukung pemerintah. Meski tak diundang dalam pertemuan sekjen parpol koalisi oleh Seskab Pramono Anung, tak membuat PAN ngambek dan keluar dari koalisi.

"Kami sekarang masih dukung pemerintahan. Jangan cuma enggak diundang, kita baper terus marah. Enggak seperti itu dong," ujar Eddy.

Sebelumnya, Sekjen DPP Nasdem, Jhonny G. Plate mengatakan pertemuan di kantor Seskab bukan membicarakan terkait Pilpres 2019 terutama figur cawapres Jokowi. Menurutnya, konteks pertemuan lebih membahas pencapaian kinerja pemerintahan Jokowi.

"Bagaimana bahas serangan isu tenaga kerja asing, isu serangan pelemahan ekonomi. Itu harus dijawab oleh koalisi parpol," tutur Jhonny saat dikonfirmasi, Senin, 7 Mei 2018.

Baca: Sekjen Parpol Pendukung Jokowi Ngumpul, PAN Tidak Diundang

Dia pun menyebut sekjen parpol pendukung Jokowi hadir semua terkecuali PAN. Bahkan, dua sekjen yang notabene parpol baru turut hadir dalam pertemuan ini.

"Ini tuh inisiatif kami bertemu. Nah, kalau PAN, saya enggak tahu, mereka inisiatif mau ikut ketemu enggak? Kalau saya dan lain mah inisiatif mau ketemu," ujar Jhonny.

Baca: Alasan Sekjen PAN Tak Diundang Rapat di Kantor Seskab

Adapun dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Seskab tersebut yang hadir yaitu, Sekjen Golkar Lodewijk Fredrich Paulus, Sekjen Nasdem Jhonny G.Plate. Hadir pula Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PKPI Imam Asnhori, Sekjen PKB Abdul Karding, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen PSI Raja Juli Antoni dan Sekjen Hanura Harry Lontung Siregar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya