Semua Cagub Jagoan Gerindra-PKS Tumbang di Pulau Jawa

Prabowo Subianto saat orasi di hadapan kader Gerindra dan PKS.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Sejumlah lembaga survei sudah merilis hasil hitung cepat tiga wilayah Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur di Pulau Jawa. Dan secara mengejutkan, semua pasangan yang dijagokan koalisi partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera, tumbang.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Berdasarkan hasil hitung cepat LSI, Indobarometer dan Indikator, Rabu, 27 Juni 2018, cagub dan cawagub yang diusung koalisi Gerindra dan PKS di tiga wilayah provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, mengalami kekalahan.

Di Pilkada Jawa Barat, pasangan Sudrajat-Syaikhu dikalahkan pasangan Ridwan Kamil-Uu. Pasangan nomor urut tiga itu hanya meraih suara 28,02 persen versi LSI dan 29,38 persen versi Indikator.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Sementara, pasangan Ridwan-Uu meraih suara sebanyak 32,95 persen versi LSI dan 34,19 persen versi Indikator. Dengan jumlah data suara yang masuk 98 persen LSI dan sebanyak 97,33 persen Indikator.

Sedangkan di Pilkada Jawa Tengah,  Sudirman Said-Ida, mengalami nasib serupa. Mereka dengan mudah dikalahkan pasangan Ganjar-Yasin.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

LSI mencatat, Ganjar-Yasin meraih suara 58,16 versi LSI dan 56,74 versi Indobarometer. Sedangkan Sudirman-Ida hanya meraih suara 41,83 persen versi LSI dan 43,26 persen versi Indobarometer. Dengan data jumlah suara yang masuk sebanyak, LSI 96,5 persen dan Indobarometer 100 persen.

Sementara itu, di Pilkada Jawa Timur, pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi Gerindra, PKS bareng PDIP dan PKB, juga tumbang lawan pasangan Khofifah-Emil Dardak.

Gus Ipul-Puti meraih suara sebanyak 45,71 persen versi LSI dan 45,82 persen versi Poltracking. Sementara Khofifah-Emil meraih suara sebanyak 54,29 persen versi LSI dan 54,18 persen versi Poltracking. Dengan data jumlah suara yang masuk sebanyak, LSI 100 persen dan Poltracking 100 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya