Soal Cawapres Jokowi, Puan: Masih Setengah Matang

Menteri Koordinator PMK Puan Maharani.
Sumber :
  • Fajar GM/VIVA.co.id

VIVA – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Puan Maharani mengatakan, calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo, saat ini masih dalam proses penggodokan. Jokowi juga masih mencermati perkembangan di luar koalisi pendukung.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Menurut Puan yang juga menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, hal itu sepenuhnya masih tergantung pertimbangan Jokowi.

"Kan lagi digodok tadi bilangnya, belum matang. Jadi tunggu matang dulu. Ya kami godok dulu. Mungkin sekarang masih setengah matang, nanti sebentar lagi jadi matang," ujar Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Puan menyampaikan, Jokowi juga mencermati dinamika di luar koalisi yang berlangsung menjelang pendaftaran capres-cawapres ke KPU. Salah satunya, Jokowi akan menentukan cawapres dengan pertimbangan elektabilitasnya bisa turut mendorong untuk mengalahkan pasangan calon lain.

"Partai pemerintah dan partai di luar pemerintah juga sekarang saling melihat siapa calonnya, siapa pendampingnya, bagaimana kekuatannya, dan lain-lain. Jadi dinamika politik seperti ini wajar saja setiap lima tahun," ujar Puan.

Gerindra Pastikan Hak Angket Tidak Jadi

Diberitakan sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa kandidat cawapresnya saat ini sudah mengerucut dari sepuluh menjadi lima orang. Sejumlah tokoh yang digadang bisa menjadi cawapres Jokowi di antaranya Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, hingga Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. Ada juga tokoh di luar koalisi seperti Mahfud MD.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman berharap kedekatan Sufmi Dasco Ahmad dan Puan Maharani jadi jembatan rekonsiliasi Gerindra dan PDIP.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024