Didatangi Ratusan Santri, Cak Imin Terima Mandat Siap Cawapres

Presiden Joko Widodo dan Muhaimin Iskandar dalam Perayaan HUT PKB di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menerima kedatangan ratusan santri yang melakukan aksi long march dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ke Jakarta. Aksi ratusan santri ini memberi mandat kepada Cak Imin agar siap maju bersaing sebagai cawapres untuk Joko Widodo.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Cak Imin menerima kedatangan ratusan santri ini di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, Jakarta Pusat, Senin, 30 Juli 2018. Lokasi DPP PKB merupakan tempat terakhir yang dituju para santri setelah melakukan perjalanan panjang dengan menempuh jarak ratusan kilometer dalam waktu 11 hari.

"Sahabat-sahabatku semua yang luar biasa yang sudah berjuang menunjukkan ke republik ini bahwa santri kuat dan punya cita-cita besar. Saya sungguh bangga, terharu," kata Cak Imin dalam keterangannya.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Cak Imin tak sungkan memuji dan menyebut laskar santri yang berani memperjuangkan dukungan terhadapnya. Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu bahkan sempat meneteskan air mata.

"Kalian semua bukan saja laskar yang berani, melainkan orang-orang yang memang menjadi martir bagi perjuangan para ulama dan santri di seluruh Indonesia," lanjut Cak Imin.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Bagi dia, amanat dukungan ratusan santri terhadapnya memiliki simbol khusus. Simbol ini menginterpretasikan cita-cita besar kaum santri di seluruh nusantara. "Di pundak kalian ada amanat. Di pundak kalian ada titipan harapan. Insya Allah titipan itu akan saya pegang selama-lamanya," tutur Cak Imin.

Baca: Polling VIVA Soal Pendamping Jokowi, Cak Imin dan Puan Bersaing

Empat hari menjelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden, dinamika politik masih berlangsung cair. Nama pendamping Jokowi masih misteri.

Sempat disebut mengerucut satu nama, namun kini kabarnya nama cawapres melebar lagi menjadi tiga. Nama Cak Imin disebut masuk bursa cawapres yang sudah dikantongi Jokowi. Tahapan Pilpres 2019 akan dimulai dengan pendaftaran capres dan cawapres yang digelar 4-10 Agustus 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya