Aksi #2019GantiPresiden Diadang, Luhut: Daripada Bentrok

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, tak dikeluarkannya izin dari kepolisian untuk pelaksanaan aksi #2019GantiPresiden adalah guna menghindari terjadinya keributan. Luhut menilai hal ini wajar dan tak perlu diributkan.

Luhut Sindir Banyak Pengamat Kritik Pemerintah, Tapi Tak Pakai Data

"Ngapain sih ribut-ribut? Ya tidak apa-apa (aksi tidak diberi izin), daripada bentrok," ujar Luhut di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 27 Agustus 2018.

Menurut Luhut, aksi juga terbilang provokatif karena dapat memancing penolakan dari kubu yang pro pemerintah. Dia berpandangan, masyarakat sebaiknya fokus dulu kepada pencapaian gemilang kontingen Indonesia di Asian Games ketimbang melakukan hal yang dapat memantik keributan.

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

"Coba nikmati itu Asian Games. Coba, semua penuh medali sekarang. Hampir 20 (medali emas). Apa pernah kita bayangkan seperti sekarang?" ujar Luhut.

Lebih lanjut, Luhut membantah tidak dikeluarkannya izin merupakan upaya pemerintah meredam aksi oposisi untuk mengkritik pemerintah. Pihak yang berwenang memberi izin pun adalah kepolisian, bukan atas rekomendasi pemerintah.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

Selain itu, Luhut menegaskan bahwa izin tidak dikeluarkan semata-mata untuk mencegah timbulnya keributan.

"Selama ini juga kan kita (pemerintah) apa kurang dikritiknya? Selama ini dikritik segala macam enggak benar juga kita telan saja," ujar Luhut.

Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019

Luhut Hanya Mau Turis Asing 'Kaya' yang Datang ke Indonesia

Untuk pemulihan sektor pariwisata Indonesia dari pandemi COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2020