Fadli Zon Usul Pemerintah Beri Dana Parpol Rp10 Ribu per Suara

Wakil Ketua DPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur

VIVA – Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon setuju 100 persen dengan usulan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar partai politik dibiayai pemerintah.

Ganjar Sebut Bantuan Dana Parpol Rp 27 Miliar untuk PDIP Kecil Banget

"Kalau itu kita setuju 100 persen. Kita setuju. Bahkan saya sudah pernah juga ketemu dengan (Ketua KPK) Pak Agus Rahardjo," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

Ia pernah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu agar political financing untuk partai politik perlu dipikirkan. Ia mempertanyakan sumber anggaran partai politik lantaran tak boleh berbisnis.

PDIP Terima Bantuan Dana Parpol Rp28 Miliar dari Pemerintah

"Kalau di tahun 50-an parpol boleh punya perkebunan, boleh punya SPBU, boleh punya usaha. Sekarang kan tidak boleh, sekarang dari mana parpol mendapatkan anggarannya selain tentu sumbangan-sumbangan dari anggota DPR, DPRD kabupaten, kota dan juga pihak-pihak lain," kata Fadli.

Ia mengusulkan agar partai diberi anggaran Rp10.000 per suara. Anggaran ini dapat digunakan untuk merawat konstituen dan pendidikan politik.

Ridwan Kamil Bagi-bagi THR ke Parpol di Jabar Rp55 Miliar

"Di negara-negara lain praktik ini juga ada. Jadi partai politik yang representasi di DPR RI itu dibiayai oleh negara, saya kira anggarannya enggak terlalu besar kok, pasti lebih kecil dari anggaran kemarin IMF World Bank yang sampai Rp1 triliun itu. Ini mungkin enggak sampai Rp1 triliun," kata Fadli. (dau)
 

Alexander Marwata, OTT KPK Gubernur Maluku Utara

KPK Tindaklanjuti Laporan PPATK soal Transaksi Janggal Dana Kampanye Pemilu

KPK saat ini sudah menerima terkait dengan laporan transaksi janggal untuk pemilu 2024 yang ditemui oleh PPATK, dan akan menindaklanjutinya

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023