Tim 9 Juga Temui Ustad Hilmi dan Jakob Oetama

VIVAnews - Meskipun pansus angket besok sudah akan terbentuk, namun Tim Sembilan tidak akan mengakhiri roadshow-nya ke sejumlah tokoh nasional.

Hari ini, Kamis 3 desember 2009, Tim Sembilan juga akan menemui Ketua Dewan Syuro PKS, Ustad Hilmi di kantor PKS, TB Simatupang.

Tim Sembilan juga akan menemui tokoh pers Jakob Oetama di Kompas pada pukul 19.00 WIB.

Tim ini masih menjadwalkan pertemuan dengan mantan wapres JK, Ketua Umum PDIP Megawati, dan Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto.

DPR pada Selasa 1 Desember 2009 mengesahkan hak angket pengusutan kasus Bank Century. Dalam surat pengantar dan materi hak angket yang disusun oleh para pengusul angket kepada pimpinan DPR, tercantum lima fokus penyelidikan hak angket.

Fokus pertama, mengetahui sejauh mana pemerintah melaksanakan peraturan perundangan yang berlaku, terkait keputusannya mencairkan dana talangan (bail-out) Rp 6,76 triliun untuk Bank Century. Adakah indikasi pelanggaran peraturan perundangan, baik yang bersifat pidana maupun perdata?

Kedua, mengurai secara transparan komplikasi yang menyertai kasus pencairan dana talangan Bank Century, termasuk mengapa bisa terjadi perubahan peraturan BI secara mendadak, keterlibatan Kabareskrim Polri (saat itu) dalam pencairan dana nasabah Bank Century, dan kemungkinan terjadinya konspirasi antara para pemegang saham utama Bank Century dan otoritas perbankan & keuangan pemerintah.

Ketiga, menyelidiki ke mana saja aliran dana talangan Bank Century, mengingat sebagian dana talangan tersebut oleh direksi Century justru ditanamkan dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN) dan dicairkan bagi nasabah besar (Budi Sampoerna), sementara kepentingan nasabah kecil justru terabaikan. Adakah faktor kesengajaan melakukan pembobolan uang negara demi kepentingan tertentu, politik misalnya, melalui skenario bail-out Bank Century?

Keempat, menyelidiki mengapa bisa terjadi pembengkakan dana talangan menjadi Rp 6,76 triliun bagi Bank Century, sementaraCentury hanyalah sebuah bank swasta kecil yang sejak awal bermasalah? Rasionalkah alasan pemerintah bahwa Bank Century patut diselamatkan karena mempunyai dampak sistemik bagi perbankan nasional secara keseluruhan?

Kelima, mengetahui seberapa besar sebenarnya kerugian negara yang ditimbulkan oleh kasus bail-out Bank Century, dan sejauh mana kemungkinan penyelamatan uang negara bisa dilakukan. Selain penegakan hukum, aspek penyelamatan uang negara tersebut sangat penting dijadikan prioritas demi memenuhi rasa keadilan rakyat.

Kalahkan Marc Marquez, Francesco Bagnaia Juara MotoGP Spanyol 2024
Menpora Dito bertemu dengan Menteri Pendidikan UEA Ahmad Belhoul Al Falasi

UAE Supports Indonesia to Become Host of the U-20 World Cup

The United Arab Emirates (UAE) supports Indonesia to host the FIFA U-20 World Cup in 2027. This was stated by Education Minister of UAE, Ahmad Belhoul Al Falasi.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024