Prananda Prabowo Cucu Soekarno Bikin Komik Sang Proklamator

Buku komik sejarah Bung Karno karya Prananda Prabowo cucu Soekarno
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – PDI Perjuangan meluncurkan buku komik yang menceritakan kisah hidup Proklamator Republik Indonesia, Soekarno.

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Buku komik tersebut akan dibagikan pertama kali pada puncak perayaan hari ulang tahun PDI Perjuangan ke- 46 pekan ini di Jakarta. 

Komik itu merupakan karya putra kedua Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, M Prananda Prabowo.

Selain Jaya Baya, Ini 7 Tipe Pemimpin Indonesia Menurut Ramalan Ranggawarsita

"Kami luncurkan karya soal sejarah Bung Karno dibuat dalam bentuk komik. Ini dari mas Prananda Prabowo," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa 8 Januari 2019.

Hasto menjelaskan, buku komik dibuat sekaligus sebagai cara melaksanakan tugas sejarah. Di mana komik menampilkan cerita secara ringan kisah Soekarno agar dengan penyampaian ringan dan bisa diterima oleh semua kalangan.

Museum Kepresidenan RI Gelar Walking Tour Gratis

"Sehingga berbagai upaya untuk menggelorakan semangat, rasa cinta Tanah Air itu, betul-betul kami gelorakan bersama dengan baik," kata Hasto.

Adapun cerita dalam komik akan diawali dengan gambar tentang Surabaya yang menjadi kota kelahiran Bung Karno pada masa kolonial. Buku komik setebal 36 halaman ini berjudul "Bung Karno Bapak Bangsa" yang disusun oleh Prananda selaku Kepala Situation Room DPP PDIP.

Hasto memaparkan, isi dalam komik banyak menampilkan kisah hidup Bung Karno sejak kelahirannya hingga diangkat menjadi Presiden Pertama RI dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang digelar pada 18 Agustus 1945. 

Komik sejarah itu juga menceritakan kisah muda Soekarno saat menjadi murid HOS Tjokroaminoto yang dikenal sebagai guru para pendiri bangsa. Tak lupa, dimasukkan sejarah politik Bung Karno dalam partai dan perjalanan dia bersama Mohammad Hatta menyiapkan kemerdekaan Indonesia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya