Museum Kepresidenan RI Gelar Walking Tour Gratis

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.
Sumber :
  • Instagram @anastasialumy

BOGOR –  Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan umat muslim untuk menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata.

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Menariknya di momen Ramadhan ini, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, unit museum dari Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB) atau Indonesian Heritage Agency (IHA) menyelenggarakan agenda Walking Tour berkolaborasi dengan Bogor Historical Walk (BHW). Bagaimana cara ikutannya? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

Mengangkat tema Kisah Keberagaman di Kota Bogor, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti mengajak para pecinta sejarah untuk menikmati momen ngabuburit bersama mengelilingi objek sejarah di Kota Bogor.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, yang terletak di kawasan Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, merupakan museum yang mengabadikan, mengapresiasi, dan memperingati jejak kepemimpinan para Presiden Republik Indonesia. 

Diresmikan pada 18 Oktober 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, museum ini berfungsi sebagai sarana rekreasi dan edukasi bagi pengunjung untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah dan prestasi para pemimpin negara. 

AHY Diskusi dan Konsultasi dengan SBY soal Situasi Politik setelah Putusan MK

Melalui penyajian memorabilia yang atraktif, museum ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengapresiasi serta meneladani peran dan prestasi yang telah dicapai oleh setiap Presiden Indonesia selama masa jabatannya.

Ketua Tim Museum dan Galeri MCB, Pustanto mengungkapkan, Penyelenggaraan kegiatan Walking Tour ‘Kisah Keberagaman di Kota Bogor’ oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti merupakan salah satu bentuk upaya mewujudkan komitmen IHA dalam menghadirkan museum yang inspiratif dan edukatif di Indonesia. 

“Memanfaatkan momentum Ramadhan, kami berharap kegiatan Walking Tour ini terus diselenggarakan sebagai bentuk inovasi program museum yang menarik dan dapat menarik minat generasi muda untuk mempelajari dan menghargai sejarah bangsa,” kata dia dalam keterangannya, dikutip Selasa 26 Maret 2024. 

Bekerja sama dengan Bogor Historical Walk (BHW) yang merupakan komunitas penggemar sejarah dan aktif menyelenggarakan kegiatan Walking Tour untuk mengungkap kisah dan sejarah Bogor. 

“Museum Kepresidenan RI Balai Kirti mengajak generasi muda untuk menjelajahi beberapa lokasi sejarah Kota Bogor dengan rute perjalanan dari titik kumpul di Lawang Suryakencana, dilanjutkan dengan perjalanan ke Vihara Dhanagun, lalu ke Kantor Pos Bogor dan Gereja Zebaoth, dan berakhir Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Agenda Walking Tour telah dilaksanakan pada Jumat, 15 Maret 2024 pukul 15.00 dan diikuti oleh 30 peserta tanpa dipungut biaya,” ujarnya. 

Penanggung Jawab Unit Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, Linda Siagian juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak yang terlibat, khususnya komunitas penggemar sejarah BHW yang telah berkolaborasi bersama mereka menyelenggarakan agenda Walking Tour untuk mengisi waktu ngabuburit bersama para pecinta sejarah. 

“Ke depannya agenda Walking Tour dan kolaborasi ini tentunya tidak berhenti di sini dan akan terus dilanjutkan demi menghadirkan program dan layanan yang inovatif untuk para anak muda yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari sejarah,” ungkapnya. 

Selain mengadakan kegiatan Walking Tour Kisah Keberagaman di Kota Bogor, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti juga memiliki koleksi dan informasi penting terkait dengan karya dan prestasi enam presiden yang terangkum dalam enam klaster juga terdapat Perpustakaan Kepresidenan yang menyimpan buku koleksi presiden ataupun buku mengenai kepresidenan. Perpustakaan ini dibangun dengan memprioritaskan kenyamanan publik, sehingga dapat dimanfaatkan pengunjung untuk membaca dan juga melakukan penelitian.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan Walking Tour dan program publik lainnya dari Museum Kepresidenan, dapat mengunjungi akun Instagram Museum Kepresidenan RI Balai Kirti melalui @balaikirti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya