Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Peluncuran platform komik digital, comicone.id
Sumber :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Jakarta – Komik saat ini tidak hanya bisa dinikmati secara fisik saja, namun kini sudah bisa dinikmati secara digital. Comicone.id merupakan platform komik digital yang telah secara resmi diluncurkan pada Jumat, 1 Maret 2024.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Komik ini ditujukan untuk menjadi etalase karya-karya komik Anak Bangsa. Pendiri Comicone.id, Poempida Hidayatulloh berharap, terobosan terbaru ini dapat memberikan warna baru dalam industri kreatif Indonesia.

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan
Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

“Kami berharap dapat memberikan warna baru dalam industri kreatif di Indonesia. 

Dengan munculnya berbagai produk AI dalam isu seni ilustrasi tidak boleh menjadi halangan bagi terciptanya karya seni ilustrasi anak Bangsa Indonesia dengan kearifan lokal,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Sabtu, 2 Maret 2024.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Acara soft launching comicone.id ini juga mendapat dukungan penuh dari Menparekraf Sandiaga Uno yang memberikan ucapan selamat secara digital kepada comicone.id. 

“Masyarakat kini semakin terbiasa untuk mengkonsumsi konten-konten digital. saya Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia mengucapkan selamat kepada comicone platform komik digital asli buatan Indonesia.  Sukses selalu dan semoga dapat terus mewarnai industri kreatif nasional industri kreatif Indonesia,” ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya di video rekaman.

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Upaya ini tentu akan membantu para pekerja seni ilustrasi dalam membuka pasar di Indonesia, kata Sandiaga. Kemenparekraf mengaku akan selalu mendukung semua pihak uang berupaya untuk mengembangkan dunia usaha di bidang animasi.

“Hal yang tidak boleh dilupakan Adalah membantu para pekerja seni ilustrasi dalam membuka pasar di Indonesia. Kemenparekraf akan selalu memberi dukungan kepada semua Insan dan upaya untuk mengembangkan dunia usaha di bidang animasi yang mengakselerasi kemajuan industri kreatif di Indonesia,” imbuhnya.

Dalam acara soft launching banyak menampilkan karakter-karakter komik khas comicone.id dalam ukuran manusia biasa. Selain itu, juga hadir Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio dari Kemenparekraf RI, Iman Santoso. Ia menegaskan bahwa potensi dunia kreatif sangat luar biasa.

Ia mencontohkan bahwa nilai kapitalisasi pasar game dunia itu sekarang sudah mencapai 3 kali lipat lebih besar dari kombinasi kapitalisasi pasar film Hollywood digabungkan dengan Pasar Musik Dunia. 

Lebih lanjut, ia mengindikasikan bahwa Indonesia masih belum masuk ke dalam dunia kreatif ini. Kemenparekraf senantiasa mendorong kegiatan yang berpotensi berkembang seperti comicone.id ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya