PKB Versi Yenny Muktamar Maret atau April

VIVAnews - Seteru kepengurusan Partai Kebangkitan Bangsa masih berlanjut meski Abdurrahman Wahid telah meninggal dunia. PKB versi Gus Dur dan Yenny Wahid akan menyolidkan barisan dalam waktu dekat.

"Awalnya PKB Gus Dur berencana mengadakan Muktamar pada Januari 2010 ini," ujar Imron Rosyadi Hamid, Juru Bicara PKB yang bermarkas di Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, itu. "Namun karena Gus Dur wafat, akan diadakan Maret atau April," katanya saat dihubungi VIVAnews melalui telepon, Sabtu 2 Januari 2010.

PKB kepengurusan Kalibata yang dinyatakan pengadilan tidak sah ini menghendaki sebuah kembalinya PKB yang menghormati ulama dan meneruskan cita-cita PKB awal untuk bangsa. "Kami lihat, pada Pemilu kemarin, suara PKB turun 70 persen," ujar Imron. "Itu basis PKB di Jawa Timur hilang karena orang melihat PKB adalah Gus Dur," katanya.

Dalam kesempatan itu, Imron membantah mendiang Gus Dur telah mewasiatkan pada Muhaimin Iskandar yang sekarang Ketua Umum PKB untuk menyatukan kader-kader yang berserak. "Kami mengklarifikasi ini supaya tidak ada politisasi, sekaligus manipulasi," ujar Imron. "Yang kami ketahui, tidak ada wasiat seperti itu dari Gus Dur."

Kalau pun ada pertemuan Muhaimin dengan Gus Dur, itu jauh terjadi sebelum Gus Dur wafat. "Saat itu hanya membicarakan keluarga, tidak membicarakan soal partai. Kalau dicermati, tak ada itu wasiat dari Gus Dur," kata Imron.

Perseteruan dua kubu ini terjadi ketika Gus Dur memecat Muhaimin Iskandar secara sepihak dari posisi Ketua Umum PKB dan Lukman Edy dari posisi Sekretaris Jenderal. PKB Gus Dur lalu menggelar muktamar di Parung dan menghasilkan sebuah struktur Dewan Pimpinan Pusat baru di mana Yenny Wahid menjadi Sekretaris Jenderal PKB.

Kubu Muhaimin tak menerima tindakan itu dan melawannya secara hukum. Pengadilan lalu menyatakan kepengurusan Muhaimin yang sah. Namun Muhaimin tak bisa lagi berkantor di Kalibata dan Muhaimin lalu memindahkan kantornya ke Jalan Sukabumi, Menteng.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024