Pesan Bang Yos ke Anggota DPRD DKI: Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso setiba di Balai Kota Jakarta.
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA

VIVA – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, berharap para anggota legislatif DPRD DKI yang dilantik pada hari ini, Senin, 26 Agustus 2019 dapat memperjuangkan rakyat kecil. Dia juga berharap para wakil rakyat ini bisa mengawasi program pemerintah dengan baik.

Sirkuit Formula E Pakai Bambu, Gilbert-PDIP Tuding Anies Bohong Lagi

"Tentunya dewan bisa betul-betul memperjuangkan kepentingan rakyat Jakarta. Kecuali itu kan mengawasi jalannya pemerintahan, eksekutif. Apakah sudah sesuai melaksanakan program yang direncanakan bersama, itu kan kontrol seperti itu dia," ujar pria yang akrab disapa Bang Yos tersebut di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dia juga menjelaskan, kebijakan kewenangan para anggota dewan saat ini berbeda, dengan kewenangan wakil rakyat di era zamannya. Kata dia, kewenangan para anggota dewan saat ini lebih luas dan besar, dibanding dulu yang sekadar 'stempel' Orde Baru.

Cek Fakta: Anies Resmi Ditahan KPK

"Sekarang ini kewenangan DPRD sangat besar. Tidak seperti dulu, kalau dulu hanya tukang stempel Orde Baru kan," tuturnya.

Bang Yos mengatakan, saat ini peran legislator lebih galak dengan kewenangan yang besar.

Daftar Gaji dan Tunjangan DPRD DKI yang Naik pada 2022

"Saya mengalami terakhir kali itu. Ujung Orde Baru saya ngalamin, terus awal Reformasi saya ngalamin. Saya mengalamin pemerintahan yang berbeda, kalau dulu kekuatan dewan tukang stempel dan sekarang mereka punya kewenangan yang sangat besar," ujarnya.
    
Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 dari hasil Pileg 2019 dilantik hari ini, Senin, 26 Agustus 2019.

Sejumlah mantan Gubernur DKI selain Bang Yos yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat turut hadir. Gubernur DKI saat ini, Anies Baswedan pun hadir.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono

Politikus PDIP Kritik Soal Anggaran Sirkuit Formula E Naik Rp10 Miliar

Anggaran pembangunan sirkuit Formula E tambah sebesar Rp10 miliar. Menurut Gembong, jika ada penambahan anggaran itu maka harus melalui kontrak ulang. 

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022