Ketua MA Ingatkan Anggota DPR Soal Tanggung Jawab pada Bangsa

Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali menyampaikan paparan di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews - Pengambilan sumpah 575 anggota DPR yang baru dilantik dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Hatta yang dalam pembacaan sumpah diikuti seluruh anggota dewan mengingatkan bahwa tugas dan fungsi yang 'wakil rakyat' harus dijalankan.

5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

"Patut saya ingatkan, bahwa sumpah atau janji yang akan saudara-saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila, dan Undang-Undang Republik Indonesia tahun 1945," kata Hatta dalam pembukaan pembacaan sumpah di Gedung Rapat Paripurna I, kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Pembacaan sumpah pun mengikuti agama yang dianut anggota DPR. Ada empat perwakilan yang ikut membacakan sumpah sembari mengikuti anggota DPR lainnya.

Heboh Komplotan WNA China Menambang Emas Ilegal di Kalbar, Menteri ESDM Pastikan Ini

"(Demi Allah/demi Tuhan) bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila," kata Hatta diikuti seluruh anggota dewan.

"Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya, akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia," lanjut Hatta yang kembali diikuti oleh para anggota DPR.

DPR Kembali Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Puan dan Cak Imin Absen

Seperti diketahui, sumpah dan janji 575 anggota Dewan setelahnya diikuti penandatanganan berita acara dan langsung dilakukan penyerahan memori DPR periode baru ke pimpinan sementara.

Adapun pimpinan sementara diisi Abdul Wahab Dalimunthe, anggota DPR tertua dari Fraksi Partai Demokrat, dan Hillary Brigita Lasut, anggota DPR termuda dari Fraksi Partai Nasdem.

Universitas Pancasila tandatangani MoU dengan MPR

Menguatkan Nilai Luhur Pancasila di Lingkungan Kampus

“Demokrasi sekarang sudah semakin sangat liberal dan sudah melenceng jauh, politik, ekonomi, hukum sudah banyak melenceng dari Pancasila.”

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024