Bamsoet-Ali Yahya Mundur, Ketum Golkar Kini Diperebutkan Tiga Calon

Politikus Golkar sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews/ Eka Permadi.

VIVA - Kursi Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024, kini hanya diperebutkan tiga calon ketua umum usai mundurnya dua kandidat yaitu Bambang Soesatyo, juga Ali Yahya. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Nasional Golkar X, Adies Kadir, panitia juga baru saja menerima informasi mundurnya dua calon yang sebelumnya telah ditetapkan lulus verifikasi.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

"Yang mengundurkan diri sudah Pak Bamsoet, dan ada juga Pak Ali Yahya mengundurkan diri. Ada lima ya, calon. Ada dua yang mengundurkan diri," ujar Adies di arena Munas Golkar, Hotel The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.

Adies menyampaikan Ali ditengarai kesulitan memenuhi syarat lanjutan 30 persen surat dukungan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar dari seluruh Indonesia. Sementara Bamsoet, sebagaimana pernyataannya usai bertemu Luhut Binsar Pandjaitan di Kemenko Maritim, mengaku ingin menjaga soliditas Golkar.

PKS Siapkan Tandingan Khofifah Maju di Pilgub Jatim

"Pak Ali Yahya mungkin mundur karena kurang persiapan beliau, karena terkait dengan persyaratan 30 persen surat dukungan," ujar Adies.

Adies juga mengemukakan, usai mundurnya kedua calon, tiga calon ketum Golkar kini adalah Airlangga Hartarto, Ridwan Hisjam, juga Agun Gunandjar Sudarso. Saat ini, menjelang Munas dibuka Presiden Joko Widodo pukul 19.30 WIB, juga ada lobi-lobi internal dari tim pemenangan masing-masing calon ke calon lain.

494 Suara Hilang di Dapil Jabar 1, Nasdem Tuduh Golkar Ada Kenaikan 472 Suara Ilegal

"Ini masih ada proses lobi ya, antara tim-tim pemenangan masing-masing," ujar Adies.

Diketahui, kandidat calon ketum Golkar awalnya ada sembilan yaitu Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, Ridwan Hisjam, Ali Yahya, juga Achmad Annama. Selain itu, ada juga Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarso, Derek Lopatty, juga Aris Mandji. Usai verifikasi, lima calon dinyatakan memenuhi syarat, yaitu Airlangga, Bambang, Ali Yahya, Ridwan, Agun. Saat ini, calon yang tersisa adalah  Airlangga, Ridwan, juga Agun.

Airin Rachmi Diany

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Bakal calon Gubernur Banten dari Partai Golkar, Airin Rachmi Diany, melamar ke sejumlah partai politik untuk Pilkada Banten 2024. Mulai dari PDIP, PKB, Nasdem dan PAN

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024