Ada Corona, Demokrat Yakin Dapat Izin Gelar Kongres di Jakarta

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan.
Sumber :
  • Lilis

VIVA – Pelaksanaan Kongres Partai Demokrat dipastikan tetap berjalan sesuai jadwal. Meski waktunya akan berlangsung pekan ini di Jakarta, hajatan besar partai lima tahunan tersebut tetap yakin akan mendapatkan izin dari pemerintah daerah.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

"Saya pikir kalau untuk kongres Insya Allah dikasihlah (izin)," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syariefuddin Hasan kepada wartawan, Rabu 11 Maret 2020.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada warganya tidak bepergian ke lokasi yang berpotensi menulari virus Corona. Untuk itu, pemerintah daerah tidak mengeluarkan izin kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"Pemprov juga tidak akan mengeluarkan perizinan baru untuk kegiatan perkumpulan orang dalam jumlah yang besar," ucap Anies, Selasa pekan lalu.

Adapun agenda kongres, kata Syarief, salah satunya yang paling penting adalah pemilihan ketua umum. Ia pun tak menjawab soal kandidat-kandidat nama yang akan maju kendati nama Agus Harimurti Yudhoyono dan adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono punya kans paling tinggi.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Keduanya adalah anak Susilo Bambang Yudhoyono, ketua umum Demokrat saat ini. "Belum tahu (kandidat) tanya DPC yang lebih tahu, yang punya suara," ujarnya.

Syarief sebelumnya menyampaikan alasan partainya mempercepat waktu kongres. Berdasarkan waktu yang ditetapkan organisasi atau AD/ART, kongres seharusnya dilakukan pada Mei 2020. Namun, karena berdekatan persiapan pilkada serentak di 270 daerah, kongres kemudian dipercepat dan akan dilaksanakan 14-16 Maret 2020.

"Kita kan mau pilkada. Karena mau pilkada itu, kan keputusannya harus cepat. Diharapkan nanti keputusan yang baru yang keluarkan,” ujarnya, kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya