Resmi, PKB Usung Jenderal Polisi Ini Maju ke Pilgub Sumbar

PKB beri rekomendasi dukungan untuk Fakhrizal (dua dari kanan)-Genius untuk Pilkada Sumbar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi beri rekomendasi dukungan kepada Inspektur Jenderal Fakhrizal untuk maju di Pemilihan Gubernur Sumatera Barat. Eks Kapolda Sumatera Barat itu akan berduet dengan Genius Umar yang merupakan calon wakil gubernurnya.

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

Rekomendasi PKB sudah ditandatangani Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Sebelumnya, Fakhrizal dapat dukungan dari Partai Golkar dan Partai Nasdem. 

“Alhamdulillah akhirnya lengkap syarat dukungan partai bagi saya dan Genius Umar untuk maju dalam Pilkada Sumatera Barat 2020-2024,” kata Fakhrizal dalam keterangan resminya, Jumat, 4 September 2020.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Baca Juga: PDIP Juga Ajukan Calon di Pilkada Sumbar, Berikut 20 Paslon Lain

Bagi dia, dengan dukungan Golkar, Nasdem dan PKB akan membuatnya jadi semangat. Ia terpacu berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Pilgub Sumbar. 

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

“Pak Airlangga Hartarto, Pak Surya Paloh dan Pak Muhaimin Iskandar memberi amanat agar kami berjuang sepenuh tenaga. Ini amanah sekaligus tugas, yang akan kami laksanakan dengan baik,” ujar perwira tinggi Polri kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat ini.

Fahkrizal menambahkan dengan dukungan itu, ia merespons permintaan banyak tokoh masyarakat di ranah minang agar dirinya balik ke kampung halaman untuk jadi kepala daerah. Ia mengaku dapat dukungan dari sejumlah tokoh, ninik mamak, dan ulama yang memintanya maju sebagai calon Gubernur Sumatera Barat. 

Sebelumnya, duet Fakhrizal dan Wali Kota Pariaman Genius Umar dapat dukungan dari Partai Nasdem. Surat dukungan NasDem itu tertuang dalam surat bernomor 272-Kpts/DPP-NasDem/VIII/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat dari Partai Nasdem. 

Pun, surat itu bertanggal 31 Agustus 2020 itu diteken oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G. Plate.

Kemudian, rekomendasi dari Golkar sudah diterima lebih dulu dengan diteken Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewidjk F. Paulus per tanggal 19 Agustus 2020.

Selain itu, Golkar juga sudah menyerahkan B.1 KWK kepada Fakhrizal sebagai syarat berkas pendafaran ke KPU Sumbar. Tahapan pendaftaran Pilgub Sumbar dibuka pada 4-6 September 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya