Inikah Penampakan Kantor DPP Demokrat Kubu Moeldoko?

Gedung yang Disebut Akan Menjadi Kantor DPP Demokrat Kubu Moeldoko
Sumber :
  • VIVA/ Willibrodus

VIVA – Gedung tua yang masih bercorak biru, nampak sedang dibersihkan. Bangunan itu terletak di Jalan Pemuda 712 Rawamangun, Jakarta Timur. Kabarnya, gedung ini nantinya yang akan digunakan oleh pengurus DPP Partai Demokrat kubu Ketum Moeldoko.

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

Gedung ini bukan kantor baru bagi partai berlambang mercy. Sebelumnya, tempat ini memang sempat digunakan sebagai kantor Demokrat. Sebelum akhirnya pindah di kawasan Keramat Raya era Ketum Anas Urbaningrum.

Gedung yang kabarnya akan digunakan Demokrat kubu Moeldoko itu, sedang proses renovasi. Tampak sejumlah tukang bangunan keluar masuk dan terus bekerja di dalam gedung yang didominasi kaca berwarna biru itu.

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Baca juga: Hakim Kabulkan Permohonan Habib Rizieq, Sidang Digelar Offline

Di halaman depan gedung, tampak tumpukan puing-puing berseliweran. Gedung tua yang terletak di Jalan Pemuda 712, Rawamangun, Jakarta Timur itu didominasi warna biru, mulai dari pagar hingga kaca. 

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Diketahui, gedung itu telah terbengkalai tak berpenghuni sejak empat tahun silam. Akhirnya, setelah polemik panjang partai berlogo mercy yang terpecah menjadi dua kubu, gedung itu dipersiapkan untuk kembali dihuni.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, tampak pekerjaan masih difokuskan di lantai satu, dari total empat lantai pada gedung tersebut. Proses renovasi baru berjalan dua minggu, belum tuntas, bahkan 10 persen pun belum tampak. Pekerjaan baru berjalan di fase pembongkaran.

Fadli, salah satu pengawas dan pelaksana dari PT Kontraktor Sigma Internasional mengatakan, proses renovasi tersebut baru dimulai pada Minggu, 7 Maret 2021, atau baru berjalan 17 hari. Gedung tersebut akan dijadikan kantor DPP Partai Demokrat kubu Moeldoko.

"Renovasi udah sekitar dua mingguan. Kalau kita target selesai di lantai pertama itu mungkin sekitar dua bulanan, karena renovasi juga lumayan sulit. Kalau untuk target sampai full (keseluruhan gedung) renovasinya masih belum ditentukan. Bisa dikatakan setahun, dikatakan kurang dari setahun juga bisa, dan lebih dari setahun juga bisa," kata Fadli, saat ditemui VIVA di lokasi, Selasa 23 Maret 2021.

Saat ditanya mengenai kondisi gedung, Fadli mengungkapkan, bahwa saat pertama kali datang, kondisi gedung tersebut dalam keadaan rapuh, dan reyot, karena lama terbengkalai. Namun, proses renovasi tersebut akan membuat gedung menjadi layak pakai dan kembali kokoh. 

"Kondisi fisiknya (gedung) waktu pertama saya datang sih memang kondisinya sudah sangat enggak layak untuk dipakai. Terus kalau misalkan renovasi selesai, pasti bisa layak untuk digunakan," katanya.

Sebelumnya, inisiator Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat Darmizal mengatakan, kepengurusan Demokrat di bawah kepemimpinan Moeldoko akan bermarkas di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. Mereka akan memakai gedung lama Kantor DPP Demokrat tersebut.

"Tempat yang bersejarah bagi Partai Demokrat dan tentu saja bagi bangsa Indonesia. Pada saat Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) menjadi Presiden RI selama dua periode, ia berangkat dari gedung itu," ujar Darmizal dalam jumpa pers di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 11 Maret 2021 lalu.

Saat ini, Kantor DPP Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bermarkas di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. AHY dan jajaran pengurusnya rutin menggunakan kantor tersebut untuk kegiatan partai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya