Fit and Proper Test di DPR, Andika Perkasa Didoakan Marsekal Hadi

Jenderal Andika Perkasa Menjalani Fit and Proper Tes di DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komisi I DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Rangkaian fit and proper test Andika dilakukan secara terbuka dan tertutup.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Sebelum fit and proper test, eks Pangkostrad itu mengaku mendapat dukungan langsung dari Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Dia bilang, Hadi Tjahjanto saat ini yang sedang dinas di luar ikut mendoakannya agar lancar dan sukses menjalani fit and proper test.

"Pak Hadi (Panglima TNI) dinas luar dan sudah mengucapkan selamat. Ya, semoga sukses, itu kata beliau," kata Andika ditemui di Gedung DPR, Sabtu 6 November 2021.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Andika menyampaikan dalam menjalani fit and proper test kali ini, ia tak ada persiapan khusus. "Ya, kita apa adanya ya," ujarnya.

Jenderal Andika Perkasa Menjalani Fit and Proper Tes di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Saat awal fit and proper test, pembacaan visi misi Andika dilakukan secara terbuka. Visi misi Andika disampaikan dalam durasi kurang dari 30 menit.

Setelah itu, dilakukan tanya jawab dalam sesi pendalaman yang digelar secara tertutup. Dalam sesi ini, sembilan fraksi secara bergiliran akan bertanya ke Andika terkait persoalan TNI.

"RDPU dengan calon Panglima TNI dilakukan Sabtu, 6 November, sifat terbuka untuk visi-misi, kecuali untuk hal-hal strategis," uja Ketua Komisi I Meutya Hafid.

Sebelumnya, Andika sudah memaparkan visi misinya dengan menitikberatkan 8 fokus yang jadi tugas TNI. Pembacaan visi misi itu dilakukan Andika saat awal fit and proper test dimulai.

Andika Perkasa merupakan Kepala Staf TNI AD (KSAD) yang diproyeksikan sebagai calon tunggal menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Usai fit and proper test, Komisi I DPR akan melakukan verifikasi vaktual dengan mengunjungi kediaman Andika pada Minggu, 7 November 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya