Karantina Anggota DPR Boleh di Rumah Lalu Siapa yang Mengawasi?

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani.
Sumber :
  • Instagram.com/mulanjameela1

VIVA – Polemik karantina bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menjadi isu ramai usai anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Mulan Jameela bersama dengan suaminya Ahmad Dhani serta keluarga lakukan isolasi di rumah pascapulang dari Turki.

Terpopuler: Pernikahan Anak Andra Ramadhan sampai Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya

Menurut Direktur Eksekutif, Indonesian Of Social Political Institute (ISPI), Deni Iskandar, DPR dan Presiden itu setara. Dirinya kemudian sependapat dengan pernyataan anggota DPR RI dari Partai NasDem, Hillary Brigitta Lasut yang menyebut antara anggota DPR dan presiden memiliki sama-sama keistimewaan. Deni merujuk pada Undang Undang Nomor 13 Tahun 2019 Tentang MD3. Oleh karenaNYA hal itu semestinya kata dia tak jadi polemik. 

“Saya kira sudah tepat dan tidak ada yang salah. Landasannya juga jelas dan diatur dalam UU. Bahwa setiap anggota DPR itu punya wewenang melakukan pengawasan, baik pengawasan anggaran, legislasi maupun pengawasan terhadap kinerja pemerintah yang menjadi mitra kerjanya. Termasuk juga dalam hal ini, kinerja Presiden,” ujar Deni kepada wartawan, Kamis 16 Desember 2021.

Anak Andra Ramadhan Resmi Menikah, Ahmad Dhani Jadi Saksi

Sementara itu pengamat hukum Universitas Trisakti Abdul Fickar menilai, anggota DPR merupakan pejabat negara sehingga ia mendapatkan perlakuan khusus setingkat menteri dan presiden. Fickar menilai wajar bila pada akhirnya banyak para pejabat negara yang tak mau mengisolasikan diri sepulang dari luar negeri. Namun hal itu bisa terjadi karena fasilitas Wisma Atlet yang jadi pusat isolasi tidak menyediakan tempat bagi pejabat. 

“Hanya saja sebagai pejabat negara mungkin harus diberi pembedaan perlakuan misalkan pada ruang yang khusus disediakan untuk pejabat negara. Artinya ada ruang ruang khusus di wisma atlet yang disediakan utk pejabat negara seperti presiden, menteri, para hakim atau anggota DPR,” kata Fickar.

Terungkap, Hal Ini Bikin Ahmad Dhani Masih Pilih Maia Estianty Ketimbang Mulan Jameela

Sementara itu Dosen Ilmu Politik UIN Jakarta Adi Prayitno mengatakan, aturan tentang karantina bagi pejabat negara memang belum ada. Sehingga sebelum jadi polemik panjang maka aturan harus dibahas terlebih dahulu. Selain itu, Adi menyambut wajar bila anggota DPR harus punya isolasi khusus. Sebab selain karena pejabat publik, aktivitas anggota DPR cenderung dinamis ketimbang masyarakat biasa.

“Apakah ada ketentuan yang mengatur bahwa anggota Dewan habis dari luar model karantinanya bisa isolasi mandiri atau ada tempat khusus. Bukan soal tempat khususnya yg dipersoalkan tapi di tempat khusus itu anggota Dewan setidanya steril tidak berinteraksi dgn yang lain,” kata Adi.

Sebelumnya keluarga musisi Ahmad Dhani disorot karena dinilai tidak melaksanakan karantina sepulang dari luar negeri sesuai ketentuan yang berlaku. Dikutip dari unggahan Instagram @adamdenigrk memaparkan bukti-bukti jika keluarga musisi itu melanggar proses karantina.  

Akun @adamdenigrk mengaku dirinya bertemu dengan Mulan Jameela, Ahmad Dani dan semua anak-anaknya di Capadocia, Turki pada tanggal 2 Desember 2021. Sesuai aturan pemerintah, pendatang dari luar negeri wajib karantina 10 hari.  
Namun akun @adamdenigrk menerima informasi jika pada tanggal 9 Desember 2021, temannya kedapatan melihat Mulan Jameela dan Ahmad Dani sudah berada di Mal Pondok Indah.    

Sementara itu Komandan Satgas Udara COVID-19, Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiono saat dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan bahwa keluarga Ahmad Dhani dan Mulan Jameela mendapatkan rekomendasi karantina mandiri di rumahnya.  

"Mereka dapat karantina mandiri dari BNPB yang mana dalam aturan itu salah satunya, orang tersebut merupakan pejabat negara," kata Agus dikutip dari tvOnenews.com, Minggu, 12 Desember 2021.  

Namun ia tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut soal pengawasan proses karantina yang dijalani keluarga musisi dan anggota DPR tersebut di rumahnya. 
"Soal itu saya tidak tahu, karena ada bagiannya lagi yang memantau dan mengawasi. Namun memang kalau aturan masa karantina di rumah sama dengan di wisma dan hotel," ujarnya soal periode karantina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya