Besok, DPR Gelar Raker dengan Mendag soal Minyak Goreng

Mendag M Lutfi sidak pabrik minyak goreng bersama Kapolri Jenderal Sigit Prabowo
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – Pimpinan Komisi VI DPR RI menyebut Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi hadir dalam rapat kerja terkait kelangkaan minyak goreng, Kamis besok, 17 Maret 2022.

Golkar Meroket di Pileg 2024, Airlangga hingga Ahmad Doli Dinilai Punya Peran Penting

"Iya, besok (raker dengan mendag). Insha Allah (Mendag) hadir," kata Ketua Komisi VI DPR, Faisol Riza dikonfirmasi awak media, Rabu, 16 Maret 2022.

Faisol mengatakan agenda rapat besok beragenda tunggal membahas kelangkaan minyak goreng di pasar. Komisi VI DPR sebagai mitra kerja Kementerian Perdagangan akan minta keterangan terkait kelangkaan minyak goreng.

Timwas Sentil Kemenag soal Kuota Tambahan Haji Reguler Dialihkan ke ONH Plus

Faisol Riza.

Photo :
  • Syaefullah/VIVA.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan pihaknya sudah menjalankan fungsi pengawasan terkait kelangkaan minyak goreng. Bahkan, ia bilang DPR sudah dua kali memanggil Mendah Lutfi. Namun, yang bersangkutan tak bisa hadir. 

Ada Temuan Makanan Basi, Timwas DPR Desak Kualitas Makanan Jemaah Haji Dievaluasi

“Sekedar informasi bahwa DPR dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan mengalami kesulitan soal minyak goreng ini. Sudah dua kali menteri perdagangan diundang dalam rapat konsultasi yang kedua berhalangan dengan alasan belum tentu datang dan lain-lain,” kata Dasco dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 15 Maret 2022. 

Dasco menyayangkan Mendag Lutfi tidak hadir. Apalagi agenda soal minyak goreng ini sangat penting. Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini minta Lutfi bisa hadir jika dipanggil DPR.

Namun, bila Lutfi juga tak hadir, maka menurutnya DPR bakal menggunakan kewenangannya untuk memanggil paksa yang bersangkutan. 

"Aabila dalam undangan yang ketiga masih ada alasan, maka DPR akan menggunakan aturan dan kewenangan yang ada untuk memanggil paksa Menteri Perdagangan di DPR,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya