Emil Dardak Respons Mundurnya Bayu Menantu Pakde Karwo dari Demokrat

Wagub Jatim sekaligus Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA – Pelantikan Emil Elistianto Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim diwarnai prahara internal. Calon ketua pesaing Emil, Bayu Airlangga, mundur dari keanggotaan Demokrat. Pendukung menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo atau Pakde Karwo juga melancarkan protes dengan demonstrasi.

PKB Buka Pintu untuk Khofifah Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Nggak Ada Diskriminasi

Lantas apa tanggapan Emil menyikapi keputusan Bayu dan protes pendukungnya itu? "Kalau masalah demo [pendukung Bayu], tadi sudah jelas kita tadi juga menyaksikan kalau itu adalah bentuk aspirasi damai dari simpatisan," kata Emil usai pelantikan kepengurusan DPD Demokrat Jatim di Surabaya, Jumat, 22 April 2022.

Wakil Gubernur Jatim itu mengaku sudah merespons pendemo tersebut secara kekeluargaan. "Jadi, saya rasa sudah selesai, enggak ada masalah, dan tadi di awal pelantikan Bapak Kepala BPOKK menjabarkan dengan sangat detail proses Musda, termasuk semua sepakat 38 [DPC] mengajukan dua nama untuk dipilih Tim 3," ujar Emil.

Sesama Caleg PAN Gugat Hasil Pileg di Dapil Jawa Timur 1

38 DPC sendiri hadir di acara pelantikan DPD Demokrat Jatim. "Hari ini 38 [DPC] hadir dan telah menyatakan konsisten bahwa keputusan yang dipilih ketum diberikan dukungan, saatnya bersatu, tidak ada kubu Bayu, tidak ada kubu Emil, yang ada adalah kubu tegak lurus kubu AHY, itu respons dari kami mengenai Musda," tandasnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik Emil Elistianto Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jawa Timur di Pakuwon Imperial Ballroom Surabaya pada Jumat, 22 April 2022. Setelah dilantik, Emil menegaskan bahwa kini tidak ada kubu-kubuan.

Politisi Demokrat Debby Kurniawan Daftar Jadi Bacabup Lamongan ke PKB, Ini Alasannya

Selain AHY, hadir dalam pelantikan itu sejumlah jajaran DPP Demokrat, di antaranya Edie Bhaskoro Yudhoyono alias Ibas. Hadir pula Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pelantikan ditandai dengan pembacaan surat keputusan, hingga penyerahan bendera pataka oleh AHY kepada Emil.

"Saudara Emil Elitianto Dardak, saya serahkan bendera pataka partai Demokrat Jawa Timur sebagai simbol kebesaran dan marwah partai untuk dikibarkan dan membesarkan partai Demokrat diseluruh tingkatan daerah di Jawa Timur," ucap AHY sambil menyerahkan bendera pataka. 

Sembari menerima simbol amanah dari AHY berupa bendera pataka partai Demokrat Jawa Timur, Emil menegaskan jika dirinya berkomitmen akan membesarkan partai Demokrat di seluruh daerah di Jawa Timur. "Saya terima bendera pataka ini untuk dikibarkan dan dibesarkan diseluruh Jawa Timur," ucap Emil.

Baca juga: Dilantik AHY Jadi Ketua Demokrat Jatim, Emil: Tak Ada Kubu-kubuan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya