Demokrat DIY Pede Banyak Caleg Potensial efek Elektabilitas AHY Naik

Ketua Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta Erlia Risti dan Ketua Partai Demokrat Kota Yogyakarta Rini Hapsari
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Pembenahan internal terus dilakukan oleh Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menyongsong pemilu legislatif tahun 2024. Saat ini, Partai Demokrat DIY mengejar target penyelesaian pemenuhan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai syarat untuk menjadi partai politik peserta pemilu 2024.

Demokrat Sebut Ide Bentuk Presidential Club Ide Prabowo Sejalan Harapan SBY

Ada dua kabupaten yang kini menjadi fokus Partai Demokrat DIY untuk dikejar proses penyelesaian KTA-nya, yaitu Kabupaten Sleman dan Gunungkidul yang belum maksimal proses pengumpulannya.

Ketua Partai Demokrat DIY Erlia Risti mengaku sedang mengejar proses persyaratan keanggotaan atau KTA sebagai syarat untuk diajukan ke KPU DIY.

Partai Demokrat AS Setuju ICC Keluarkan Perintah Penangkapan Netanyahu

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Photo :
  • Dok. Demokrat

Secara umum, katanya, untuk tiga DPC, yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul sudah hampir terpenuhi. Sedangkan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo perlu dimaksimalkan.

Ditawari Demokrat Maju Pilkada Jabar, Bey Machmudin Jawab Tegas Begini

"Ada dua kabupaten yang memang perlu kami dorong karena kemarin terkait dengan Plt yang kemarin ada KLB itu. Tetapi kami bekerja keras mem-back up semua karena masih ada waktu. Kalau Gunungkidul, Bantul, dan Kota Yogyakarta sudah, kami fokus Kulonprogo dan Sleman," kata Erlia, kemarin.

Erlia menyebut meski persyaratan minimal hanya seribu keanggotaan, ia menargetkan setiap kabupaten/kota mendapatkan minimal 1.500 KTA.

Dia optimistis untuk seluruh DIY bisa mencapai 10.000 lebih KTA yang terkumpul dan bisa terselesaikan pada Juni 2022.

"Saat ini kami saling back up antar-DPC dalam rangka mengumpulkan keanggotaan sehingga saat hari H [jatuh tempo pengumpulan syarat administrasi] kami pastikan sudah selesai," ujar perempuan yang kini menjabat sebagai anggota DPRD DIY itu.

Erlia bertekad untuk mengembalikan kejayaan Demokrat pada pemilu 2024 dengan memasang target memperoleh masing-masing satu fraksi untuk level kabupaten/provinsi. Meski pendaftaran caleg secara resmi belum dibuka, ia meyakini banyak caleg potensial yang bakal mewarnai Demokrat.

"Kami optimistis target itu tercapai, apalagi momentumnya tepat seiring dengan terus naiknya elektabilitas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat)," kata Erlia.

Ketua Partai Demokrat Kota Yogyakarta Rini Hapsari menambahkan untuk pengumpulan KTA di Kota Yogyakarta sudah mencapai lebih dari 900 kader. Maka dalam waktu dekat bisa terselesaikan sesuai target 1.500, bahkan bisa lebih.

Selain fokus pada pemenuhan KTA, dia juga intens melakukan konsolidasi dengan kader untuk mencari calon anggota legislatif yang potensial dalam memenangkan pemilu 2024.

"Kalau soal keanggotaan syarat Pemilu kami sudah selesai, kami saat ini bisa fokus pada strategi pemenangan untuk Kota Yogyakarta. Konsolidasi terus kami lakukan dengan kader melalui berbagai kegiatan termasuk saat kegiatan Ramadan pembagian takjil tetap diselipi dengan konsolidasi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya